Data Utama Madura Sumenep

Jangkau Pedesaan, Mobil Keliling Disdukcapil Sumenep Jebol Layani Adminduk Masyarakat

SUMENEP, beritadata.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur konsisten melayani permohonan Administrasi Kependudukan (Adminduk) masyarakat melalui layanan Jemput Bola (Jebol) menggunakan armada mobil keliling yang menjangkau ke seluruh wilayah pedesaan.

Kepala bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Sumenep Wahasah mengatakan, pelayanan Jebol ini merupakan bagian dari program Bismillah Melayani Disdukcapil yang bertujuan membantu memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan.

Pelayanan yang diberikan mulai dari pembuatan akta kelahiran, akta kematian, kartu keluarga, kartu identitas anak, perekaman dan cetak KTP hingga identitas kependudukan digital. 

“Respon masyarakat cukup tinggi, perharinya sekitar 500 dokumen yang kami fasilitasi,” katanya, Sabtu 4 Mei 2024.

Wahasah mengungkapkan, dalam sepekan terakhir ini pelayanan mobil keliling beroprasi di desa Campaka, Soddara, Montorna, Lebeng Timur dan desa Prancak Kecamatan Pasongsongan.

“Sesuai jadwal pelayanan dibuka dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore, saat ini masih menyisir desa di Kecamatan Pasonsongan,” ungkapnya.

Dia berharap, pelayanan adminitrasi kependudukan melalui mobil keliling ini membuat masyarakat tidak lagi mengalami kesulitan, seperti jauh-jauh datang ke Kecamatan atau ke dinas di Kota atau bahkan menggunakan jasa orang lain.

 “Harapan kami program Jebol ini hendaknya betul-betul dimanfaatkan karena sangat membantu masyarakat dalam mempermudah pelayanan dokumen,”

“Jadi tidak usah jauh-jauh, cukup melalui pelayanan Jebol urus dokumen secara madiri mudah dan cepat, tidak dipungut biaya, gratis,” pungkas Wahasah diiringi senyum. (Zn)

Leave a Comment