Data Utama Madura Sumenep

Dinas PUTR Sumenep Sukses Sosialisasikan Permen PU No.1 Tahun 2023 Tentang Pedoman Pengawasan Penyelenggaran Jasa Konstruksi

Sosialisasi Permen PU No1 tahun 2023 berlangsung sukses

SUMENEP, beritadata.id – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Sumenep sukses menggelar kegiatan sosialisi Permen PU No.1 tahun 2023 tentang pedoman penyelenggaraan jasa konstruksi. Rabu 30 Desember 2023.

Kegiatan yang berlangsung di aula Hotel Kaberaz Jl. Siwalan, Pangarangan, Kec. Kota itu diikuti oleh 50 peserta, mereka terdiri dari ASN dilingkungan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Kontraktor, konsultan pengawas, dan perwakilan dari asosiasi penyedia jasa konstrusi Kabupaten Sumenep.

Dalam kegiatan sosialasi tersebut, mereka dipandu langsung oleh ketua PII Provinsi Jawa Timur Dr.Ir. Gentur Prihantono, S.P., S.H., M.T., I.P.U. sebagi pemateri. Adapun materi yang disampaikan yaitu tentang Pedoman Pengawasan Penyelenggaraan Jasa Konstruksi Yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota dan Sistem Informasi Pembina Jasa Konstruksi (SIPJAKI).

Kepala Dinas PUTR Sumenep Ir. Ery Susanto, M.Si melalui Kepala Bidang Bia Jasa Konstruksi Imam Yudikarna menjelaskan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberi pemahaman kepada masyarakat pelaku jasa konstruksi tentang pengawasan penyelenggaraan jasa konstruksi secara terpadu dan terkoordinasi.

“Karena ini menjadi kewajiban sesuai dengan amanah undang-undang jasa konstruksi nomor 2 tahun 2017, maka kabupaten kota itu diwajiban melaksanakan uji kompetensi, SKK, pelatihan dan sosialisasi, dengan undang-undang atau regulasi yang berkaitan dengan jasa konstruksi,” jelasnya.

Ia berharap, dengan mengadakan kegiatan sosialisasi dan pembinaan ini secara rutin, maka semua pelaku jasa konstruksi yang ada di Kabupaten Sumenep khususnya, dapat memahami regulasi terkait dengan kegiatan yang mereka lakukan yaitu baik dari sisi hukumnya maupun dari sisi regulasinya itu sendiri. 

“Jadi harapan kami, kualitas pembangunan di Sumenep itu kedepan akan semakin baik dan semakin berkualitas sehingga sesuai dengan harapan dan visi misi Bapak Bupati bahwa pembangunan di Kabupaten Sumenep baik di daratan maupun di Kepulauan itu menjadi berkualitas dan merata,” harapnya. 

Imam menambahkan, karena bidangnya itu baru 2 tahun berdiri, yaitu bidang jasa konstruksi, maka dinas PUTR sudah 2 kali mengadakan. Dimana, yang tahun 2023 ini baru sekarang untuk sosialisasinya.

“Untuk uji kompetensi sertifikasi skk itu sudah 2 kali dan insyaallah nanti kita di bulan Januari 2024 kita akan mensertifikasi 30 orang tukang bangunan yang kita prioritaskan bagi pekerja yang bekerja di pembangunan gedung DPRD Kabupaten Sumenep,” urainya.

“Kita akan langsung sertifikasi di tempat sehingga temen-temen yang bekerja sebagai tukang bangunan akan memiliki sertifikat sehingga memiliki kompetensi,” pungkas Imam. (zn).

Leave a Comment