Data Utama Madura Pemerintahan Sumenep

Permudah Masyarakat Urus Adminduk, Pemkab Sumenep Sediakan Mobil Online Kependudukan

Bupati Sumenep Achmad Fauzi didampingi Wabup, Sekda, Asisten II dan Kepala Disdukcapil saat meninjau mobil online kependudukan

SUMENEP, beritadata.id – Dalam rangka mempermudah masyarakat mengurus administrasi kependudukan (Adminduk), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep terus melakukan inovasi, salah satunya dengan menyediakan layanan Mobil Online kependudukan.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, adanya layanan Mobil Online ini akan membuat sebagian masyarakat tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil atau Mall Pelayanan Publik (MPP), karena petugasnya turun langsung untuk memberikan pelayanan.

“Pemerintah daerah terus melakukan berbagai terobosan, untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, seperti menyediakan Mobil Online layanan kependudukan itu,” katanya, Senin 24 Juli 2023.

Bupati berharap, adanya Mobil Online kependudukan juga mampu meningkatkan kesadaran masyarkat untuk mengurus Adminduk, apalagi pelayanannya sudah lebih mudah yaitu dengan berkeliling jemput bola.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sumenep Ach Syahwan Effendi mengatakan, masyarakat akan semakin mudah mengakses layanan Adminduk.

Dimana, Mobil Online Kependudukan ini telah dilengkapi sistem pembuatan Kartu Keluarga (KK), perekaman KTP elektronik, Kartu Identitas Anak (KIA), akta pencatatan sipil, surat pindah dan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

“Pengoperasian Mobil Online kependudukan ini nanti menyasar ke Kecamatan wilayah daratan, termasuk pada acara-acara tertentu yang dihadiri masyarakat, seperti pengajian dan kegiatan kalender pemerintah daerah dan kegiatan lainnya,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment