Data Utama Madura Pemerintahan Sumenep

Komisi III DPRD Sumenep Harap Dua Pelabuhan yang Baru Diresmikan Bisa Mengcover Seluruh Kepulauan

Ketua komisi III DPRD Sumenep Dul Siam

SUMENEP, beritadata.id – Komisi III DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, sangat mengapresiasi peresmian dua pelabuhan, yakni Pelabuhan Dungkek dan Gili Iyang, oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa beberapa waktu lalu.

Dengan diresmikannya dua pelabuhan tersebut, khususnya Pelabuhan Dungkek,  Komisi III DPRD berharap arus transportasi antar pulau bisa lebih maksimal dan tidak lagi bertumpu pada satu pelabuhan lagi seperti yang terjadi selama ini di pelabuhan Kalianget.

“Harapan kami, pelabuhan yang baru diresmikan itu bisa meng-cover seluruh kepulauan. Tidak hanya hanya Pelabuhan Kalianget, karena kita tahu, di momen-momen tertentu seperti saat arus mudik, di Kalianget sangat padat,” ujar ketua Komisi III DPRD Sumenep Dul Siam, Kamis, 06 Juli 2023.

Menurut dia, sejauh ini pihaknya belum mengetahui pasti terkait rute mana saja yang akan dilayani operator kapal melalui Pelabuhan Dungkek maupun Gili Iyang.

“Mungkin tak lamalagi operator akan membuat perencanaan melayani rute ke pulau mana saja melalui pelabuhan ini,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, sebetulnya dulu setelah selesai dibangun, pelabuhan tersebut bisa langsung bisa dioperasiakan. Namun, karena berbagai faktor, akhirnya baru dilaksanakan peresmiannya.

“Proyek pembangunan dua pelabuhan itu dimulai pada tahun 2020 hingga 2021, dengan menggunakan anggaran Bantuan Keuangan (BK) Provinsi Jawa Timur,” ungkapnya.

Dimana, anggaran pembangunan Pelabuhan Dungkek dan Gili Iyang berasal dari APBD Provinsi Jawa Timur senilai Rp 60 miliar. Rinciannya adalah Rp 41.650.000.000,- untuk pembangunan Pelabuhan Dungkek dan Rp 17.795.000.000,- untuk pembangunan Pelabuhan Gili Iyang.

Pelabuhan Dungkek memiliki  panjang 140 meter dan lebar 7 meter. Selain itu, terdapat jetty dengan panjang 42 meter dan lebar 8 meter. Pelabuhan ini juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti gedung kantor, terminal penumpang, area parkir, genset, dan tandon air. (Zn)

Leave a Comment