Business Data Utama Madura Sumenep

Bupati Sumenep Harap Job Fair Tekan Angka Pengangguran Terbuka

Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat memantau pelaksanaan Job Fair di gedung Korpri

SUMENEP, beritadata.id – Pelaksanaan Job Fair di Kabupaten Sumenep disambut antusias masyarakat. Khususnya para pelamar kerja.

Dalam pembukaan Job Fair yang berlangsung di Gedung Korpri Jl Dr Cipto, Rabu 16 November 2022, Bupati Sumenep Achmad Fauzi turut hadir memantau pelaksanaan bursa kerja tersebut.

Ia mengatakan, secara rutin setiap tahunnya Pemerintah Daerah mengadakan Job Fair sebagai salah satu wujud komitmen untuk menekan angka pengangguran.

“Harapannya Job fair ini dapat menekan angka pengangguran terbuka di Kabupaten Sumenep, sehingga pengangguran menurun dari tahun ke tahun,” katanya.

Orang nomor satu di Kota Keris itu menekankan, para pencari kerja hendaknya memanfaatkan Job Fair secara maksimal, peluang kerja yang dibuka oleh perusahaan pada Job Fair ini dilamar sesuai dengan skill, kompetensi serta latar belakang pendidikan.

“Intinya pemerintah telah berupaya untuk melakukan penurunan angka pengangguran melalui berbagai program atau kegiatan, di antaranya dengan perluasan kesempatan kerja melalui job fair, karena itulah, masyarakat pencari kerja harus benar-benar memanfaatkan sebaik mungkin,” urainya.

Bupati menambahkan, pada pelaksanaan Job Fair tahun depan, pihaknya akan berupaya untuk menarik banyak perusahaan baik di daerah maupun luar daerah untuk mengikuti Job Fair di Sumenep.

“Yang jelas, untuk menekan angka pengangguran pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendiri, makanya perlu melibatkan pihak ketiga, termasuk perusahaan,”

“Jadi, kami sampaikan terima kasih kepada perusahaan yang telah mengikuti Job Fair tahun ini di Sumenep, semoga tahun depan bisa bisa bekerjasama lagi,” sambungnya.

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Kabupaten Sumenep Abd. Rahman Riadi menyatakan, Job Fair tahun ini melibatkan 21 perusahaan dari sektor usaha.

Diantaranya, 10 perusahaan dari luar daerah dan 11 perusahaan dari Kabupaten Sumenep, termasuk 4 instansi pemerintah.

“Pelaksanaan kegiatannya membuka sekitar 1.200 lowongan pekerjaan bagi masyarakat pencari kerja,”

Pihaknya berharap, pelaksanaan Job Fair dapat membantu masyarakat pencari kerja sekaligus perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja sesuai dengan spesifikasi kebutuhannya.

“Masyarakat sangat antusias, ribuan pencari kerja memadati Job Fair 2022, sangat pas dengan temanya, Meningkatkan Kondisi Kerja Untuk Pulih Bersama,” pungkasnya diiringi senyum. (Zn)

Leave a Comment