Budaya Data Utama Madura Sumenep

Lolos Kurasi Parade Teater Jatim 2022, Sutradara FAS Berharap Dapat Dukungan Pemerintah

Para aktor FAS saat menggelar latihan

SUMENEP, beritadata.id – Komunitas Forum Aktor Sumenep (FAS) berhasil lolos kurasi pada pagelaran Parade Teater Jawa Timur 2022. FAS menjadi satu-satunya grup teater dari Madura yang mampu tembus ke tingkat Provinsi beserta enam komunitas teater yang dinyatakan lolos kurasi sebelumnya.

Acara yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jatim, melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Budaya Jatim (TBJ) diikuti puluhan kumunitas teater se Jatim.

Sebanyak tiga kurator menyeleksi penampilan para peserta yang dikirim melalui format Vidio dari masing-masing grup teater se-Jawa Timur. Termasuk karya dari FAS.

Para dewan kurator diantaranya, Deni Tri Arianti, S.Sn., M.Hum, sebagai kurator 1, Arif Hidayat, S.Sn., M.Pd, kurator 2, dan Hendra Cipta, kurator 3.

Berikut enam komunitas teater di Jawa Timur yang dinyatakan lolos kurasi :

  1. Swarung Seni, Kota Surabaya dengan judul karya ‘Pita Kaleng’.
  2. Forum Aktor Sumenep, Kabupaten Sumenep dengan judul karya ‘Nomenklatur’.
  3. IB CREATIVE ART, Kota Surabaya dengan judul karya ‘Tarasmara’.
  4. Bengkel Seni Manyar Jaya, Kota Surabaya dengan judul karya ‘HONG’
  5. Teater Komunitas, Kota Malang dengan judul karya ‘Asmarasongko/Panjul’.
  6. Teater Nusa, Kabupaten Gresik dengan judul karya ‘Senja Putih’

“Alhamdulillah Forum Aktor Sumenep (FAS) lolos kurasi dan menjadi satu-satunya perwakilan di Madura yang lolos,” kata Sutradara Forum Aktor Sumenep, Firman Ihcanul Akmal. Senin, 14 November 2022.

Firman mengatakan, untuk lolos kurasi pada pagelaran Parade Teater Jawa Timur 2022 ini bukan hal yang mudah. Butuh latihan dan persiapan yang matang dari jauh-jauh hari.

“Tidak mudah sampai ke tahap ini. Butuh perjuangan dan latihan yang ekstra dan berdarah -darah. Apalagi ini tingkat Jawa Timur, bukan hanya se Madura,” ujarnya.

Metode yang diimplementasikan setiap kali latihan adalah olah tubuh, olah suara, dan pengenalan peran menjadi aktor sesuai isi naskah.

Selain itu, menguasaan peran dan adegan setiap step-stepnya dilatih keras dan detail hingga sempurna. Sebab, pentas teater bukan serupa adegan pembuatan film yang bisa di ‘Cut’ ketika ditemukan celah atau cacat adegan. Artinya detail dan disiplin menjadi prioritas.

FAS bersama lima komunitas teater lainnya yang lolos kurasi pada gelaran Parade Teater Jawa Timur 2022 akan tampil di lagi di Gedung Cak Durasim Surabaya, tepatnya pada tanggal 18-19 November 2022.

“Mudah-mudahan nanti bisa tampil maksimal. Harapannya, Pemkab Sumenep khususnya Dinas terkait juga mendukung dan mensupport kami,” tandasnya. (Zn

Leave a Comment