Keagamaan Madura Sumenep

Peringati HSN, PIN Gelar Dzikir dan Sholawat di Desa Legung Timur

Majelis pemuda bersholawat khusuk melantunkan dzikir di peringatan HSN Desa Legung Timur

SUMENEP, beritadata.id – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN), Pemuda Islam Nusantara (PIN) menggelar Dziki Akbar dan Sholawat.

Kegiatan Dzikir dan Sholawat itu berlangsung sekitar pukul 19:30 WIB, bertempat di halaman Masjid Abdullah Syechan Baghraf, Desa Legung timur Kecamatan Batang-Batang Sumenep, Madura Jawa Timur. Sabtu 22 Oktober 2022.

Pada malam acara, masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir, terlebih lagi PIN menggandeng Majlis Pemuda Bersholawat At-taufiq Sampang dalam menyemarakkan HPN di Desa setempat.

Hadir dalam acara, Santri Pondok Pesantren Darut thayyibah, Pimpinan Majlis Attaufiq Sampang Khoiron, Habib Muhsin Alhinduan, Camat Batang-Batang, Kepala Desa Legung dan elemen pemuda Nahdlatul Ulama.

Ketau PIN Ahmad Bashori mengatakan, para santri hendaknya selalu siap siaga menjaga martabat kemanusiaan atau hifdzunnafs bangsa Indonesia.

Menurutnya, pesan itu sejalan dengan tema Hari Santri Nasional Tahun 2022 yaitu ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

“Hari Santri adalah momentum untuk mengenang jasa para pahlawan, jasa para kiai yang berjuang dalam Resolusi Jihad bukan hanya jasa untuk para santri saja, melainkan jasa untuk seluruh bangsa Indonesia,” ujar pria yang akrab disapa Abbas itu.

Dalam sambutannya, Abbas tak lupa berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia, khususnya kepada Presiden Joko Widodo yang telah menetapkan hari santri sebagai salah satu hari nasional.

“Penetapan HSN merupakan penghormatan pemerintah terhadap jasa para pahlawan dari kalangan kiai dan para santri,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment