Data Utama Madura Pemerintahan Sumenep

Pemkab Sumenep Raih APE, Bupati: Harus Dipertahankan

Bupati Sumenep Achmad pegang piagam penghargaan

SUMENEP, beritadata.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep kembali meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) tahun 2021.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Sumenep, Drs. Kadarisman, M.Si mengungkapkan, pemberian penghargaan APE terdiri dari 4 (empat) tingkatan, yang pertama adalah Pratama, yang kedua Madya, ketiga Utama dan keempat tingkat Mentor.

“Kabupaten Sumenep tahun 2020 memperoleh penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat Madya, jadi tahun ini naik satu tingkat dari penghargaan sebelumnya,” ujar Kadarisman.

Sementara itu Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH. MH mengatakan, adanya penghargaan ini akan semakin menambah semangat dan motivasi Pemerintah Daerah untuk lebih giat dalam melaksanakan program-program pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender.

“Yang jelas, prestasi ini harus meningkatkan komitmen seluruh elemen di daerah untuk mengembangkan pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak,” katanya, Jum’at (15/10/21).

Diharapkan, penghargaan ini harus dipertahankan sekaligus mendorong pemerintah daerah dan masyarakat untuk mewujudkan keterlibatan perempuan dalam mendukung pembangunan dengan berbagai potensinya.

“Tentu saja, Pemerintah Kabupaten Sumenep setelah mendapatkan penghargaan APE, terus berupaya mewujudkan kesetaraan gender melalui pengarusutamaan gender (PUG) agar berkiprah dalam pembangunan,” tutur Bupati.

Selain itu Bupati juga mengapresiasi Kementerian PPPA yang menginisiasi diselenggarakannya APE sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender.

“Alhamdulillah, Pemerintah Kabupaten Sumenep bisa meraih Penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tahun 2020 katagori Madya, bahkan juga mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak peringkat Pratama tahun 2021,” tandasnya. (Zn)

Leave a Comment