Bangkalan Data Utama Kesehatan Madura

Tips Menjaga Kesehatan Jantung dari Dokter RSUD Syamrabu

BANGKALAN, beritadata.id – Jantung merupakan organ utama dalam tubuh manusia. Menjaga kesehatan jantung sangat penting dilakukan agar fungsi tubuh tetap normal.

Sayangnya banyak masyarakat yang tidak paham bagaimana merawat jantung dengan baik dan benar. Untuk itu Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RSUD Syamrabu Bangkalan dr Suryo Ardi Hutomo mencoba untuk memberikan tips menjaga kesehatan jantung.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Pertama menjaga asupan makanan bergizi dan konsumsi vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta hindari rokok.

“Yang terpenting batasi konsumsi makanan yang mengandung natrium (garam),” ujarnya, Selasa (12/10/2021).

Yang kedua, olahraga secara teratur dengan intensitas ringan sampai sedang di lingkungan rumah. Olahraga yang dapat dilakukan antara lain jenis aerobik, yaitu berjalan, lari kecil atau bersepeda.

“Kemudian pada penderita penyakit jantung, disarankan untuk tetap mengkonsumsi obat secara rutin. Pastikan obat rutin tersedia setidaknya untuk 30 hari ke depan,” imbuhnya.

Selanjutnya, jika terdapat kegawatan atau perburukan keluhan, seperti sesak atau nyeri dada yang memberat, kaki bengkak, jangan ragu untuk periksa ke fasilitas kesehatan terdekat agar mendapat penanganan secepatnya. (Red)

Leave a Comment