Bangkalan Data Utama Kesehatan Madura

Meskipun Masa Pandemi, Bayi Tetap Harus Diimunisasi

BANGKALAN, beritadata.id – Manfaat imunisasi bagi anak sangatlah penting.Sebab, imunisasi mampu melindungi bayi dari berbagai penyakit berbahaya seperti campak hingga hepatitis.oleh sebab itu, meski di masa pandemi seperti saat ini, imunisasi bagi anak tetaplah penting.

Hal itu disampaikan oleh dokter spesialis anak RSUD Syamrabu Bangkalan,dokter Shirley Ferlina dalam acara talk Show “Imunisasi Dimasa Pandemi” yang di gelar oleh RSUD Syamrabu Bangkalan, Kamis (25/2/2021).

Menurut dia, Imunisasi bayi adalah perlindungan yang perlu diberikan guna mencegah anak terkena berbagai penyakit berbahaya. Jika bayi tidak diimunisasi, maka kecenderungan ia akan terpapar berbagai penyakit serius akan semakin besar. 

“Manfaat imunisasi pada bayi yang utama adalah agar anak mendapatkan kekebalan yang alami sehingga bisa melindungi anak dari penyakit-penyakit tertentu,” ungkapnya.

Tujuan imunisasi ini kata dr.Shirley untuk membangun kekebalan tubuh anak terhadap suatu penyakit dengan membentuk antibodi dalam kadar tertentu.

“Nah supaya antibodi ini terbentuk secara optimal anak harus mendapatkan imunisasi sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” paparnya.

Kenapa imunisasi tetap harus dilakukan meskipun di masa pandemi lanjut Shirley,sebab apabila banyak bayi dan balita yang tidak mendapatkan imunisasi dasar lengkap,maka kelak dapat terjadi Wabah berbagai penyakit lain yang akan meningkatkan angka kecacatan dan kematian.

“Contohnya indonesia saat ini sudah eradikasi polio berkat imunisasi polio. Penyakit pertusis (batuk 100 hr), difteri dan tetanus juga sudah minimal. Dengan adanya imunisasi yang lengkap, anak akan terhindar dari penyakit berat yang mengakibatkan kecacatan dan kematian.Jadi buat para orang tua jangan ragu untuk memberikan imunisasi kepada anaknya,” pungkasnya. (Red)

Leave a Comment