Bangkalan Data Utama Madura

Pekan Raya Bangkalan 2019, Bupati; Promosikan Potensi Lokal

Bupati Bangkalan R Abd Latif Amin Imron didampingi Ibu Ketua PKK saat membuka Pekan Raya Bangkalan 2019

BANGKALAN, beritadata.id – Pekan Raya Bangkalan (PRB) Tahun 2019 digelar di Alun-alun Kota Bangkalan, Sabtu (2/10/2019). Perhelatan tahunan yang menjadi rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi Bangkalan ke 488 ini berlangsung meriah. Sebelum acara dimulai, para penonton dan undangan disuguhi tari-tarian tradisional.

Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron dalam sambutannya mengatakan, pekan raya pembangunan ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan hari jadi Bangkalan.

“Pekan raya ini tidak hanya menampilkan program dan hasil pembangunan Bangkalan, tetapi juga menampilkan berbagai potensi lokal dan produk unggulan Bangkalan melalui UMKM yang berada di lini Kecamatan. Selain itu pekan raya ini juga menjadi ruang hiburan bagi masyarakat,” katanya.

Ra Latif menyebutkan bahwa konsep pembangunan Bangkalan kedepan yang menjadi tema peringatan hari jadi Bangkalan tahun ini adalah “Mewujudkan masyarakat yang religius, sejahtera dan berpotensi lokal”.

“Hal itu telah kita aplikasikan dalam berbagai kegiatan yang kita laksanakan, termasuk pada pekan raya yang kita buka pada hari ini,” paparnya.

Menurut dia, pelaksanaan pekan raya pembangunan ini merupakan wadah bagi pemerintah Kabupaten Bangkalan untuk mensosialisasikan maupun membangun intraksi dengan publik atau masyarakat.

Artinya kata dia, dalam hal ini memperkenalkan berbagai program pembangunan dan hasil pembangunan Bangkalan melalui stand-stand perangkat daerah yang ikut meramaikan pelaksanaan pekan raya pembangunan.

“Melalui stand-stand perangkat daerah ini, kami berharap perangkat daerah bisa memberikan informasi kepada masyarakat terkait program-program kerjanya. Sekaligus menjadi wadah untuk menjaring aspirasi masyarakat dalam pembangunan Bangkalan kedepan,” ujarnya.

Selain itu lanjut Ra Latif, pekan raya ini juga menjadi kesempatan bagi para pelaku usaha, terutama kalangan UMKM untuk memperkenalkan dan mempromosikan berbagi produk unggulan mereka.

“Termasuk memperkenalkan produk maupun potensi unggulan Kabupaten Bangkalan yang berada di lini Kecamatan,” cetusnya.

Oleh karena itu, Ra Latif menyebut langkah ini sebagai hal yang penting. Sebab, mengingat pembangunan sektor ekonomi melalui UMKM dan potensi lokal memegang peranan penting dan menjadi sektor strategis dalam membangun perekonomian Bangkalan kedepan.

“Karena itu saya berharap pelaku UMKM pada pekan raya ini dapat mempersiapkan produk-produk unggulannya dengan kualitas dan kemasan produk yang baik dan menarik, sehingga produknya memiliki daya saing dan nilai lebih yang dapat menarik minat masyarakat maupun investor,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, usai membuka PRB, Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron beserta unsur forpimda diikuti para pejabat teras Pemkab Bangkalan meninjau stand pameran. Pembukaan kegiatan tersebut ditandai dengan pengguntingan untaian bunga melati. (Red)

Leave a Comment