Bangkalan Data Utama Madura Pemerintahan

Pemkab Bangkalan Ucap Terima Kasih pada Pihak yang Bantu Droping Air Bersih

Ilustrasi

BANGKALAN, beritadata.id – Pihak Pemerintah Kabupaten Bangkalan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu droping air bersih pada daerah-daerah terdampak kekeringan.

“Kami BPBD Bangkalan juga menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi kepada lembaga TNI dan Polri, kepada lembaga-lembaga Swadaya Masyarakat dan lembaga-lembaga sosial di Kabupaten Bangkalan yang juga turut membantu saudara-saudara kita di desa-desa yang terdampak kekeringan melalui kegiatan bhakti sosial bantuan air bersih yg sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Rizal Morris Kepala Pelaksana BPBD Bangkalan dalam rilisnya, Rabu (30/10/2019).

Rizal mengaku sampai saat ini jumlah desa di Kabupaten Bangkalan yang terdampak kekeringan semakin meluas. Sudah ada 83 desa di 12 kecamatan yang terdampak kekeringan.

” Jika bulan Juli sampai dengan bulan Agustus 2019 berdampak kepada 33 Desa di 9 Kecamatan,” imbuhnya.

BMKG memprediksi dan memprakirakan awal musim hujan akan masuk di pertengahan bulan November 2019. Namun sebelum musim hujan tiba, pihaknya masih akan melakukan droping air bersih secara terus menerus sampai dengan masuknya musim hujan di Kabupaten Bangkalan.

“Kondisi ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dalam hal durasi waktu musim kemarau yg terjadi di Kabupaten Bangkalan hanya dalam jangka waktu 3 bulan pada tahun 2018,” katanya.

BPBD Kabupaten Bangkalan sejak tanggal 23 Juli 2019 sampai dengan bulan Oktober 2019 telah dan sedang melakukan kegiatan droping air bersih kepada desa-desa yang terdampak kekeringan akibat musim kamarau yang terjadi di Kabupaten Bangkalan.

“Droping air bersih kami lakukan setiap hari sebanyak 4 armada tangki kapasitas 6000 liter per tangki per hari untuk membantu daerah kekeringan selama 4 bulan dengan total bantuan yg sudah kami lakukan dari bulan Juli-Oktober 2019 sebanyak kurang lebih 768 tangki,” pungkasnya. (Red)

Leave a Comment