Bangkalan Data Utama Madura Pemerintahan Politik

Sharing Ilmu dengan Kabupaten Tetangga, Banggar DPRD Bangkalan Kunker ke Lamongan dan Gresik

BANGKALAN, beritadata.id – Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangkalan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke dua Kabupaten tetangga yaitu Lamongan dan Gresik. Kunker tersebut dijadwalkan selama tiga hari dari tanggal 22-24 April 2021.

Muhammad Fahad selaku ketua DPRD Bangkalan mengatakan tujuan kunker tersebut adalah untuk berbagi ilmu khususnya terkait proses penganggaran. Kata dia dua Kabupaten tersebut dianggap layak untuk dijadikan tempat studi banding.

“Kunker kali ini fokus kepada bagaimana menyikapi pokok-pokok pikiran DPRD apabila terdapat perbedaan dalam KUA/PPAS (Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara),” ujarnya saat dimintai keterangan, Jumat (23/4/2021).

Ra Fahad menjelaskan ketika substansi pokok-pokok pikiran DPRD berbeda dengan KUA/PPAS, maka tidak ada peluang bagi anggota DPRD untuk memasukkan usulan program atau kegiatan yang tidak bersumber dari Musrenbang.

“Isi KUA/PPAS ini notabene bersumber dari Peraturan Kepala Daerah tentang RKPD,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan Musrenbang merupakan sarana konfirmasi rencana program atau kegiatan yang dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan yang diusulkan masyarakat atau konstituen.

“Nah hasil dari Musrenbang itu akan dicantumkan dalam RKPD dalam bentuk nama program dan kegiatan,” katanya.

Ra Fahad yang juga menjabat Ketua Banggar tersebut menambahkan pada intinya persyaratan bahwa nama program atau kegiatan yang tercantum dalam KUA/PPAS harus berasal dari RKPD. “Jadi jelas mekanisme yang dilakukan,” pungkasnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Bangkalan Khotib Marzuki mengatakan hasil dari kunker tersebut nantinya akan dikaji terlebih dahulu. Baru nanti akan diputuskan apakah bisa diterapkan di Bangkalan atau tidak.

“Nanti kita bahas dengan teman-teman Banggar keputusannya seperti apa kita lihat nanti,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Bangkalan lainnya Hosyan Muhammad. Kata dia kunker ke daerah lain dilakukan demi kemajuan dan kebaikan Kabupaten Bangkalan.

“Apa yang kita lakukan ini semata-mata demi untuk kemajuan Kabupaten Bangkalan,” kata dia. (Red)

Leave a Comment