Budaya Data Utama Madura Pemerintahan Sumenep

Kepala Disbudporapar Sumenep Pastikan DKS Terbentuk Usai Hari Raya Idul Fitri 2022

Kepala Disbudporapar Moh Ikhsan saat diwawancara

SUMENEP, beritadata.id – Dewan Kesenian Sumenep (DKS) dipastikan terbentuk tahun ini. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep Moh Ikhsan, Senin (14/02/21).

Kata dia, pihaknya memang menginginkan adanya seni karawitan, musik, sastra, lukis dan lainnya bisa terwadah di dalam tubuh DKS. Namun demikian, pembentukan itu tidak dengan cara yang gegabah melainkan matang dan terukur.

“Setiap hari kami melakukan koordinasi dengan para tokoh kesenian di Sumenep, atau pelaku seni,” ujar Iksan saat diwawancara.

Menurut mantan kepala Dinas Sosial itu, para pelaku seni di Sumenep utamanya bagi mereka yang telah senior banyak yang menginginkan DKS segera dibentuk. Akan tetapi, dalam pembentukan DKS juga harus memiliki regulasi yang jelas.

“Seniman di Sumenep ini banyak sekali. Harapan saya, seniman yang sudah senior bisa memberikan contoh kepada seniman yang muda agar berkumpul dan bisa membentuk DKS demi memajukan kesenian Sumenep,” harapnya.

Dirinya menambahkan, usai melakukan koordinasi dengan pegiat seni, pihaknya akan segera mengirimkan surat undangan kepada pelaku-pelaku kesenian tersebut.

“Kami nanti akan mengundang semua pelaku seni, tujuannya untuk memberikan masukan pada kami bagaimana yang terbaik DKS akan dikembangkan,”

“Akhir bulan Ramadhan atau setelah hari raya idul fitri 2022, pembentukan DKS akan segera dirampungkan,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment