Data Utama Madura Pemerintahan Sumenep

BEP Tembakau Sumenep Dibagi Tiga Jenis, Kualitas Gunung Dibandrol 49 Ribu Perkilogram

Kepala Dispertahortbun Sumenep Arif Firmanto

SUMENEP, beritadata.id – Produksi tembakau tahun 2021 di Kabupaten Sumenep kembali naik dibanding tahun sebelumnya. Hal ini dapat dilihat di data statistik luas tanam dalam 2 tahun terakhir.

Tahun ini, luas lahan pertanian di Kota keris yang ditanami tembakau mencapai 9.811 hektar. Tahun 2020 sekitar 8.649 hektar. Sedangkan realisasi tanam tembakau tahun 2019 tembus 14.337 hektar.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun) Sumenep Arif Firmanto, Kamis (19/8/21).

Menurut Arif, naiknya jumlah petani menanam tembakau tahun ini karena dipengaruhi faktor trend di kalangan petani. Artinya, sebagian petani ikut menanam tembakau saat petani lainnya juga menanam tembakau.

“Atau dalam bahasa Maduranya itu Norok Kaprah (red),” ujarnya.

Meski begitu lanjut Arif, Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dispertahortbun tetap memfasilitasi petani. Yaitu agar produksi tanaman tembakau yang sudah dihasilkan petani dapat terserap maksimal oleh pabrikan.

Dengan catatan, sama-sama menguntungkan kedua belah pihak, baik petani dan pabrik. Dimana, upaya itu dilakukan supaya tidak merugikan satu pihak dan menguntungkan pihak yang lain.

“Seperti kesepakatan pembelian antara Petani dan Pabrik, petani untung pabrik juga tidak rugi,”

“Makanya, tahun ini Pemda juga telah mengajukan Raperda Pertembakauan yang baru, dan masih dibahas,” sambungnya.

Arif menjelaskan, bagi petani yang menanam tembakau tahun ini diharapkan tidak terlalu khawatir. Sebab, untuk sementara ini di Sumenep sudah ada 2 gudang yang buka dan siap membeli hasil panen tembakau petani. Dua pabrikan itu diantaranya, PT. Giri Dipta Sentosa, dan PT. Gelora Djaja.

“Pabrikan lain masih belum memberikan info pembelian, yang pasti pabrikan yang sudah bermitra seperti Djarum dalam waktu dekat ini akan buka pembelian,” jelasnya.

Sementara itu, ketua asosiasi petani tembakau (APTI) Sumenep KH Thalabududin mengungkapkan, harga tembakau Sumenep lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada di Kabupaten Pamekasan.

Dimana, update harga terbaru per hari ini di Kecamatan Guluk-Guluk, tembakau gunung varietas prancak kualitas terendah perkilogramnya dibanderol Rp 30 ribu, dan paling tinggi tembus Rp 37 ribu. Kecamatan Rubaru Rp 28 ribu dan tertinggi Rp 38 ribu.

“Kalau di Pamekasan hingga hari ini harga perkilogramnya masih dikisaran Rp 34 ribu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sesuai hasil kesepakatan bersama antara Disperindag, Pabrikan, APTI, Poktan dan Dinas Pertanian Sumenep. Untuk Break Even Point (BEP) atau Biaya Pokok Produksi (BPP) tembakau Kabupaten Sumenep masa tanam tahun 2021 dibagi dalam tiga kelompok. Yaitu:

  1. BEP Tembakau Gunung : Rp. 49.450,-
  2. BEP Tembakau Tegal Gunung : Rp. 45.173,-
  3. BEP Tembakau Tegal Sawah : Rp. 30.576,-

Dengan adanya BEP tersebut, dipastikan dapat membantu petani dalam merencanakan laba dan pengendalian aktivitas usaha sehingga kerugian bisa diminimalkan.

Di samping itu petani juga dapat mengetahui volume produksi atau penjualan yang harus dicapai, dan harga jual yang harus ditetapkan sehingga impas atau tidak rugi. (Zn)

Leave a Comment