Budaya Data Utama Jatim Madura Sumenep

Pemkab Sumenep Dukung Madura Ethnic Carnival Didaftarkan Jadi Hak Paten Kota Keris

SUMENEP, beritadata.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, mendukung agar Madura Ethnic Carnival (MEC) segera didaftarkan menjadi hak paten Kota Keris.

Hal ini disampaiakan oleh Sekretaris Daerah (Sekdakab) Sumenep Edy Rasyadi saat pagelaran MEC yang mengusung tema kebudayaan lokal yang digagas oleh Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS).

“MEC ini harus kita patenkan sebagai milik Sumenep, karena hanya Sumenep yang sudah beberapakali melaksanakan,” katanya, Sabtu malam 21 September 2024.

Ia mengatakan, pemerintah akan terus mendukung agar MEC yang mengusung tema kebudayaan lokal Sumenep terus dilakukan setiap tahunnya.

“MEC pertama di tahun 2023 mengambil tema karapan sapi, sekarang yang kedua adalah kris. Mudah mudahan ke depannya masih ada MEC yang lain yang tetap mengangkat tema lokal wisdom Sumenep,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Jurnalis Sumenep M. Hariri mengatakan, MEC kali ini tidak hanya menyuguhkan penampilan kostum yang spektakuler, namun juga diwarnai dengan beragam penampilan kesenian khas Kabupaten Sumenep seperti Sape Sonok, Sandor, Topeng tari keris tari gambo dan tarian tradisional lainnya.

“MEC kali ini kita konsep lebih menarik dan lebih spektakuler dari sebelumnya, karena kita memang ingin menjual kesenian Sumenep khususnya Keris yang menjadi salah satu Ikon Sumenep” katanya.

Ia menyebutkan bahwa, MEC 2024 ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur, seperti Malang, Jember, Surabaya bahkan dari Bandung Jawa barat juga ikut meramaikan pelaksanaan kalender even 2024 Kabupaten Sumenep.

Para peserta menampilkan karya terbaiknya dengan menggunakan kostum bernuansa keris sembari berjalan berlenggak lenggok mulai dari depan Musium Keraton sampai bundaran Taman Adipura Sumenep.

Bahkan, beberapa perwakilan Bupati, walikota se Jawa timur turut hadir dan mensupport Madura Ethnik Carnival 2024 di Sumenep ini.

Juri MEC 2024 kali ini, KJS menghadirkan 3 juri nasional diantaranya,  Fujaatul Hayyina (kreatif mfc dan Mfw), David K. Susilo (Ketu AKRI), dan Febri Alvan Santana (kreatif Jember Fashion Carnival ). 

“Alhamdulillah acara sukses, peserta sangat luar biasa ada 80 peserta dari berbagai daerah yang membuat takjub penonton,” pungkas M.Hariri. (*/zn)

Leave a Comment