Budaya Data Utama Jatim Madura Sumenep

Ulangi Kesuksesan, Dialektika Teater Sumenep Kembali Lolos Kurasi Parade Teater Jawa Timur

SUMENEP, beritadata.id –  Dialektika Teater Sumenep ulangi kesuksesan lolos kurasi pada pagelaran Parade Teater Jawa Timur 2024 dan menjadi satu-satunya grup teater dari Madura.

Sebelumnya, pada tahun 2022 lalu grup ini  juga menjadi satu-satunya grup teater di Madura yang dinyatakan lolos kurasi dan tampil ciamik di Gedung Cak Durasim. Kala itu masih bernama Forum Aktor Sumenep kemudian mengganti nama baru menjadi grup Dialektika Teater.

Acara yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jatim, melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Budaya Jatim (TBJ) tahun 2024 ini bakal diikuti 6 komunitas teater di Jawa Timur yang dinyatakan lolos kurasi.

Ada sebanyak tiga kurator yang menyeleksi karya yang dikirim dari masing-masing grup teater se-Jawa Timur. Diantaranya, Luhur Kayungga sebagai kurator 1, Nasar Albatati, kurator 2, dan Dedi Supriyadi, kurator 3.

Hasil penilaian kurator, ada 6 grup teater di Jawa Timur yang dinyatakan lolos kurasi. Salah satunya grup teater Dialektika Teater dari Kabupaten Sumenep. Berikut 6 komunitas teater di Jawa Timur yang dinyatakan lolos kurasi.

1. Studio Daluang, Kota Surabaya 

2. Dialektika Teater, Kabupaten Sumenep 

3. Teater Poro Bungkil, Kabupaten Banyuwangi 

4. Sandir Sadhet Srepet, Kabupaten Bojonegoro 

5. Arek Teater Surabaya, Kota Surabaya 

6. Granggong Teater, Kabupaten Ponorogo 

“Alhamdulillah Forum Aktor Sumenep yang saat ini mengganti nama menjadi Dialektika Teater kembali lolos kurasi dan menjadi satu-satunya perwakilan di Madura yang lolos,” ujar Sutradara Dialektika Teater, Firman Ichlasul Amal. Rabu 14 Agustus 2024.

Firman menyebut secara rinci alasan dasar mengganti nama grup teater, semula Forum Aktor Sumenep menjadi Dialektika Teater. Menurut dia, penggantian nama ini dilakukan agar tidak hanya terkesan terbatas pada bidang keaktoran, seperti namanya Forum Aktor Sumenep.

“Supaya tidak terbatas pada bidang keaktoran, tetapi bisa sekaligus bereksplorasi ke segala lini yang kaitannya dengan seni pertunjukan,” paparnya.

“Yang lolos akan dipilih 10 kelompok untuk diseleksi lagi, yaitu seleksi wawancara, dari 10 itu akan dipilih 6 kelompok yang lolos wawancara. Dan Alhamdulillah Dialektika Teater menjadi 1 dari 6 yang dinyatakan lolos dan akan tampil di gedung Cak Durasim Surabaya Oktober mendatang,” tandasnya. (Zn)

Leave a Comment