Data Utama Madura Pariwisata Sumenep

Tak Hanya Sukses Gelar Festival Layangan LED, Disbudporapar Sumenep Juga Berhasil Dongkrak PAD

SUMENEP, beritadata.id – Dinas Kebudayan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep sukses menggelar Festival Layangan LED di Pantai Lombang. Rabu 17 April 2024.

Ribuan pengunjung antusias menyaksikan even tahunan tersebut. Sorak sorai mereka gegap-gempita tatkala melihat layang-layang diterbangkan dan layang-layang LED yang terjatuh.

Kepala Disbudporapar Sumenep Moh Iksan mengatakan, festival ini diikuti oleh seluruh OPD, BUMD dan Camat di lingkungan Pemkab Sumenep dalam rangka mensukseskan kalender event tahun 2024.

“Tujuan tak lain adalah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal maupun nasional, terutama di momen lebaran ketupat,” katanya, Selasa 16 April 2024.

Selain itu, festival tersebut juga bagian daripada cara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Disbudporapar untuk mendongkrak PAD dan menghidupkan perekonomian rakyat.

“Alhamdulillah even ini terlaksana dengan baik, masyarakat antusias, PAD kita naik,” sambungya penuh syukur.

Sementara itu Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah mengatakan, festival ini merupakan cara pemerintah daerah untuk melestarikan permainan tradisional layang-layang melalui festival layangan LED.

“Supaya generasi muda tetap mencintai permainan tradisional karena itu sudah hampir punah,” ucap Wabup saat membuka acara.

Menurut Wabup, anak-anak saat ini lebih tertarik main handphone ketimbang memainkan permainan tradisional, seperti layang-layang misalnya. Oleh karana itu sangat penting pemerintah hadir menyelenggarakan sebuah festival yang bertema permaian tradisional.

“Selain karena ingin tetap lestari, festival layangan LED ini  juga bagian dari upaya Pemoab untuk mempromosikan wisata Pantai Lombang,” pungkasnya. (zn)

Leave a Comment