Data Utama Madura Peristiwa Sumenep

Akibat Hujan Angin, Atap Masjid Masjidillah Batang-Batang Sumenep Ambruk

SUMENEP, beritadata.id – Atap yang baru dibangun menggunakan bahan baja ringan (Galvalum) setinggi 3 meter pada bangunan Masjid Masjidillah di Dusun Seddung, Desa Batang-Batang Daya, Sumenep, ambruk akibat hujan deras disertai angin kencang. Senin 25 Desember 2023.

Pengurus Masjid Masjidilah Batang-Batang Daya Zawawi mengungkapkan, peristiwa ambruknya atap galvalum pada Masjid tersebut terjadi sekitar pukul 12.30 WIB, setelah pelaksanaan shalat Dzuhur berjamaah.

“Siang tadi memang cuacanya sedang hujan deras, kemudian angin dan petirnya kencang saat kejadian,” ungkap Zawawi.

Ia menuturkan, usai shalat berjamaah, para warga terjebak hujan di Masjid, sembari menuggu hujan reda mereka masih berada di lokasi. Tiba-tiba ada angin kencang hingga membuat atap ambruk.

“Kami kaget, hujannya deras dan angin juga sangat kencang sehingga membuat atap masjid ambruk,” tuturnya.

Atap Masjid yang ambruk itu materialnya hanya menimpa sebagian lantai masjid. Sedangkan bangunan utama Masjid tidak mengalami kerusakan akibat peristiwa tersebut.

Namun, akibat ambruknya atap yang baru dibangun menggunakan bahan baja ringan itu diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, rumah-rumah warga aman, hanya atap Masjid saja yang terdampak tadi. Mungkin karna atap Masjid bagian luarnya yang luas sehingga tidak mampu menahan angin kencang,” pungkasnya. (*/zn)

Leave a Comment