Data Utama Madura Sumenep

Jelang Idul Adha 1444 H, DKPP Sumenep Gencar Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

Petugas kesehatan hewan ternak saat melakukan pemeriksaan di salah satu lapak pedagang di Kabupaten Sumenep

SUMENEP, beritadata.id – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Sumenep mulai gencar melakukan pemeriksaan hewan kurban.

Dimana, pemeriksaan hewan ini merupakan kegiatan rutin menjelang Hari Raya Idul Adha yang dilakulan oleh DKPP Sumenep guna memastikan kesehatan hewan, seperti Sapi dan Kambing.

Kepala DKPP Sumenep Arif Firmanto melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Zulfa mengatakan, pemeriksaan kesehatan hewan kurban dilakukan di beberapa lokasi.

Bahkan, petugas kesehatan hewan diterjunkan ke berbagai ke lapak-lapak pedagang hewan kurban yang biasa menjamur menjelang Hari Raya Idul Adha.

“Kami juga melakukan pemeriksaan hewan kurban di pasar-pasar hewan yang ada di kecamatan,” katanya, Selasa 13 Juni 2023.

Menurut Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan itu, dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, sejauh ini di Kabupaten Sumenep masih aman dari serangan penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) tersebut.

“Belum ada hewan yang terkena penyakit menular yang disebabkan oleh virus dari keluarga Poxviridae itu, sejauh ini belum ada konfirmasi LSD dari laboratorium berwenang,” jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap berupaya mengantisipasi kemungkinan menyebarnya LSD pada hewan ternak di Kabupaten Sumenep. Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat tetap waspada, khususnya para peternak sapi.

“Masyarakat perlu mewaspadai penyakit LSD yang ditandai dengan munculnya benjolan pada kulit sapi , terutama pada bagian leher, punggung, dan perut, harap menjaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitar kandang hewan ternak,” imbaunya. (Zn)

Leave a Comment