Budaya Data Utama Madura Sumenep

Lestarikan Budaya, Pemkab Sumenep Sukses Gelar Festival Tan Pangantanan

Sala satu kontingen festival tan pangantan berjalan beriringan menuju garis finis

SUMENEP, beritadata.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkan) Sumenep, Madura, Jawa Timur sukses menggelar festival Tan Pangantanan Dhe’ Nondhe ‘Ni’ Nang. Kegiatan yang berlangsung di Pantai Lombang pada Minggu 14 Mei 2023 itu berlangsung meriah.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian Kalender Event Pemkab Sumenep.

Dengan tujuan untuk melestarikan budaya lokal yang dirintis oleh para leluhur Nusantara, khususnya di Kabupaten Sumenep.

“Kita perkenalkan kepada anak-anak calon penerus bangsa, agar paham dan mengerti tentang budaya yang kita miliki,” ucap Bupati Sumeep didampingi ketua tim Penggerak PKK saat melepas kontingen tan pangantanan.

Menurut orang nomor satu di Kota keris itu, sudah menjadi kewajiban bagi para orang tua untuk memberikan pendidikan tentang sejarah melalui praktek kepada anak yang masih di bawah umur.

Sehingga, para anak-anak dapat mengenal dan ikut melestarikannya setelah dewasa. Sebab, budaya yang dikenalkan sejak dini akan secara tidak langsung akan tertanam di ingatan mereka.

“Tan Pangantanan ini merupakan permainan anak kecil yang di pandu oleh para orang tua dulu dan sekarang kita praktekkan kepada anak anak agar tetap lestari,” jelasnya.

Bupati juga mengingatkan, peran orang tua dalam mendidik anak juga harus intensif, tidak boleh memanjakan anak dengan menuruti segala kemauannya tanpa menyadari dampaknya, apalagi memberikan mainan yang belum waktunya memainkan mainan tersebut, seperti memberikan telephone pintar agar tidak rewel.

“Saya berharap kegiatan ini bukan hanya saat ada festival, akan tetapi para orang tua bisa mempraktekkan nilai-nilai luhurnya di rumah agar anak tidak selalu main hp saja,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment