Data Utama Madura Politik Sumenep

Songsong Pemilu 2024, Bawaslu Sumenep Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Narasumber saat menyampaikan materi

SUMENEP, beritadata.id – Menyongsong pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumenep, menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif.

Kegiatan sosialisasi tersebut juga dikemas dengan diskusi. Acara berlangsung di Aula Hotel Utami Sumekar Sumenep. Senin 7 November 2024.

Hadir dalam acara, sejumlah perwakilan organisasi Jurnalis, baik cetak, online maupun televisi serta para ketua organisasi kepemudaan (OKP). Seperti dari PMII, IPNU, HMI, GMNI, IMM dan lainnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sumenep Anwar Noris mengatakan, sengaja mengundang insan pers dan perwakilan ketua organisasi kepemudaan untuk saling bersinergi menyukseskan Pemilu tahun 2024.

Tema yang diakat dalam kegiatan tersebut yakni “peran media dan kepemudaan dalam menyongsong pemilu serentak 2024”.

“Kami sengaja mengangkat tema ini untuk menciptakan iklim yang baik dalam seluruh tahapan pengawasan,”

“Karena kita ketahui bersama, bahwa kita sebagai penyelenggara lahir dari rahim aktivis. Sebab itu, lewat media dan pemuda serta sinergitas seluruh pihak saya yakin Pemilu 2024 akan sukses,” ujar Anwar Noris.

Mantan aktivis HMI Malang ini berharap, seluruh tahapan dalam pengawasan dan kepemiluan dapat diekspos dengan baik oleh seluruh wartawan.

“Lewat media persepsi baik akan lahir dan lewat media pula persepsi buruk bisa lahir. Dari itu, sinergi antara kami (Bawaslu,red) bersama media ini sangat penting,” tegasnya.

Dalam melaksanakan kegiatan Sosialisasi yang dikemas diskusi ini, Bawaslu Sumenep mengundang tiga narasumber.

Pertama, Nur Juwairiyah Mawardi dari pegiat literasi. Kedua, Rafiqi dari KPU Sumenep dan ketiga Imam Syafi’i dari Bawaslu Sumenep. Ketiga narasumber itu membahas peran media, pemuda dan keterkaitannya suksesnya Pemilu. (Zn)

Leave a Comment