Data Utama Madura Motivasi Sumenep

JMSI Sumenep Dorong Jurnalis Kota Keris Ikut UKW Sesuai Ketentuan Dewan Pers

Ketua JMSI Sumenep Syamsuni

SUMENEP, beritadata.id – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mendorong setiap Jurnalis di Kota Keris mengikuti program Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Ketua JMSI Sumenep Syamsuni mengatakan, langkah itu dilakukan jika jurnalis telah memutuskan profesi tersebut sebagai karier dalam dunia kerja.

“Kalau mau jadi jurnalis serius, memutuskan profesi ini menjadi karier, saya mendorong agar ikut UKW,” ujar Syamsuni saat ditemui di ruang kerjanya, di Graha Pers Jl Dr Cipto Sumenep. Selasa, 1 November 2022.

Mengikuti UKW akan menjadi keharusan jika para kuli tinta ujung timur pulau garam ingin menjadikan jurnalistik pilihan hidup, bukan sampingan.

“Dengan mengikuti UKW, maka kita menjajal dan menguji diri sendiri, sejauh mana kita faham dengan kerjaan kita, sehingga kita bisa berbenah ke depannya,” urainya.

Mantan aktivis PMII itu juga mengingatkan, para jurnalis utamanya yang bertugas di Sumenep untuk terus memperjuangkan karya jurnalistik, karena lewat tulisan jurnalis bisa dilihat dan turut berkontribusi untuk kemajuan Sumenep.

Di Sumenep sendiri misalnya, lanjut pria yang juga anggota PWI Sumenep ini, sudah beberapa kali melaksanakan UKW yang digagas KEI dengan menggandeng LKBN Antara.

“Jika tidak salah sudah 2 kali menggelar UKW, kuotanya cukup banyak. Itu bisa dimanfaatkan sebagai sarana teman-teman menguji diri,” ucap Syamsuni.

Menjadi jurnalis yang kompeten, kata Syam, menjadi pilihan di tengah gempuran semakin majunya tekhnologi, karena setiap orang bisa membuat dan mendirikan media.

“Yang membedakan untuk kita jurnalis yang benar-benar profesional adalah, salah satunya harus UKW, mengikuti ketentuan Dewan Pers,” tegasnya. (Zn)

Leave a Comment