Budaya Data Utama Madura Sumenep

KJS Sukses Gelar Beragam Kegiatan di Festival Hari Jadi Sumenep ke-753

Salah satu peserta saat penampilan parade busana etnik di festival hari jadi Sumenep

SUMENEP, beritadata.id – Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS) sukses menggelar beragam kegiatan di festival semarak hari jadi ke-753 Kabupaten Sumenep.

Diataranya, festival Busana, Kuliner Etnik dan lomba fotografi. Kegiatan tersebut bekerjasama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat mengusung tema Pelangi. Kegiatan berlangsung di areal Taman Bunga, Sumenep, Minggu 23 Oktober 2022 beberapa waktu lalu.

Peserta festival Busana Etnik melibatkan sejumlah sekolah dan mencapai 70 orang peserta. Kemudian estival Kuliner 54 orang, dan peserta lomba Fotografi 50 orang lebih.

Adapun dewan juri busana etnik dipimpin oleh Melati Tedja (Runner Up Putri Indonesia Jawa Timur 2022) sementara juri lomba kuliner etnik adalah Chef Budi Susanto.

Peserta festival busana etnik menampilkan kostum dengan corak budaya Sumenep, seperti karapan sapi, sate, ayam bekisar, dan lainnya. Sementara peserta festival kuliner etnik menyajikan sejumlah makanan khas Sumenep, di antaranya; kaldu kokot dan soto campor.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, pasca pandemi Covid-19 pihaknya berkolaborasi dengan KJS melaksanakan event Pelangi di Sumenep dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-753 Kabupaten Sumenep.

Bupati mengaku ingin membanggakan masyarakat Sumenep dengan pesta rakyat yang digelar pagi sampai malam. Bahkan selama momentum hari jadi ke-753, Pemkab Sumenep menggelar beberapa event besar lainnya yang akan menarik minat wisatawan berkunjung ke Sumenep.

“Tahun depan akan kami gelar dengan lebih meriah dan lebih besar lagi. Kami siap menyambut wisatawan lokal dan mancanegara. Semoga tidak ada kendala seperti Covid-19,” ujar Bupati.

Sementara itu, Ketua Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS) Ahmad Sa’ie mengaku puas dengan event Pelangi di Sumenep yang dipadati ribuan pengunjung. Ia berkomitmen untuk menggelar kegiatan serupa dengan konsep yang berbeda tahun depan.

“Pelangi di Sumenep kali ini adalah event kedua serupa. Tahun 2019 lalu kami sukses melaksanakan Pelangi di Sumenep pertama. Ini akan menjadi event tahunan KJS bersama Pemkab Sumenep,” tutup Ahmad Sa’ie. (Zn)

Leave a Comment