Data Utama Madura Pemerintahan Sumenep

Perbaikan DTKS Jadi Upaya Dinsos P3A Sumenep Agar Bansos Tepat Sasaran

Kepala Dinas Sosial P3A Sumenep Achmad Dzulkarnain

SUMENEP, beritadata.id – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Sumenep sukses perbarui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Pembaharuan ini dilakukan sebagai upaya untuk memecahkan masalah. Karena, yang selama ini digunakan sebagai dasar angka kemiskinan dan penyaluran bantuan masih menggunakan data lama.

Kepala Dinsos P3A Sumenep Achmad Dzulkarnain mengatakan, telah melakukan verifikasi dan validasi (Verval) data terhadap 273 ribu lebih keluarga (KK) yang masuk DTKS.

Menurut dia, Verval DTKS ini merupakan upaya Dinsos P3A agar Sumenep memiliki data valid terkait keluarga miskin, serta memastikan jumlah angka kemiskinan di Sumenep sesuai fakta yang ada di lapangan.

Selain mendapatkan jumlah angka kemiskinan Sumenep secara akurat, Verval DTKS juga bertujuan memastikan penyaluran bantuan sosial (Bansos) tepat sasaran.

Ia menyebut, dalam proses perbaikan DTKS tersebut banyak ditemukan penerima bansos yang meninggal, serta PNS/ASN, TNI/Polri dan orang yang mampu secara sosial ekonomi tapi justru menerima bantuan.

“Bahkan yang kaya tercatat miskin, sementara yang miskin tercatat kaya, hal inilah yang menjadi alasan kami melakukan perbaikan DTKS,” ujar Dulkarnain saat dihubungi melalui saluran telepon, Jumat 21 Oktober 2022..

Pihaknya mengungkapkan, Verval DTKS ini dilakukan sejak bulan Juni lalu, pembaharuan data tersebut dibantu oleh 237 tenaga pendamping PKH se-Kabupaten Sumenep.

“Alhamdulillah, hasilnya sangat singnifikan, kita sudah punya big data DTKS yang clean dan clear sesuai yang diminta Kemensos,” tutup Dzulkarnain. (Zn)

Leave a Comment