Budaya Data Utama Madura Sumenep

Peringati Maulid Nabi 1444 Hijriah, Sumenep Bersholawat Banjir Jamaah

Bupati Achmad Fauzi saat menyampaikan sambutan diacara Sumenep Bersholawat

SUMENEP, beritadata.id – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep gelar kegiatan Sumenep Bersholawat, Minggu (02/10/22) malam.

Kegiatan maulid nabi iniĀ  berlangsung di depan Labeng Mesem, tepatnya di sepanjang Jl. Dr. Sutomo Lingkungan Dhalem, Kelurahan Pajagalan, Kecamatan Kota.

Dalam acara Sumenep Bersholawat itu, Pemkab menghadirkan Majelis Pemuda Bersholawat At-Taufiq pimpinan Gus Khoiron Zaini dari Kabupaten Sampang. Alhasil ribuan jamaah memadati kegiatan tersebut.

Mulai dari jajaran Forkopimda Sumenep, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat, ASN dan pengurus PCNU Sumenep serta MWC NU Kota hingga warga Kabupaten Sumenep.

Kemudian, acara inti diisi dengan Ngaji Kebangsaan, Pemerintah Daerah dengan menghadirkan KH Zulfa Musthofa, Wakil Ketua PBNU Periode 2022-2027.

Suksesnya acara membuat Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. Yang telah bersama-sama melaksanakan aktivitas keagamaan dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan tema ‘Sumenep Bersholawat dan Ngaji Kebangsaan’

“Insyaallah masyarakat yang hadir pada kesempatan yang sangat berbahagia malam ini adalah para pecinta Rasulullah Muhammad SAW,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sumenep Kamiluddin menjelaskan, kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad malam ini merupakan kali pertama digelar sejak pandemi Covid-19 usai.

Dimana, sebelumnya saat masih pandemi kegiatan maulid digelar secara terbagi di berbagai wilayah untuk menghindari kerumunan.

“Kegiatan juga terlaksana sumses berkat kerja sama dengan MWC NU Kota Sumenep,”

“Jadi, sudah semestinya Pemerintah Daerah bersinergi dengan organisasi kemasyarakatan dan semua elemen, khususnya dalam melaksanakan aktivitas keagamaan,” sambungnya.

“Acara Sumenep Bersholawat Maulid Nabi Muhammad SAW ini juga sekaligus mengawali rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-753 Kabupaten Sumenep tahun 2022,” pungkas Kamil. (Zn)

Leave a Comment