Data Utama Madura Pemerintahan Sampang

Rekomendasi LHP BPK, DPRD Tekankan Perubahan

SAMPANG, beritadata.id – Tahun ini, Raperda pertanggung jawaban pelaksanaan APBD TA 2021 sepertinya tidak akan molor kembali. Sehingga hal ini diharapkan dapat memacu kerja para wakil rakyat untuk menuntaskan tugasnya secara tepat waktu. Sehingga sinergitas antara legislatif dan eksekutif tetap bisa terjaga.

Dalam paripurna itu, dihadiri Bupati Sampang H Slamet Junaidi, OPD, serta dihadiri Pimpinan dan Anggota DPRD dan tamu undangan lainnya. Paripurna ini digelar sebagai agenda rutin DPRD dalam menjalankan tugasnya sebagai badan legislatif dan pemantau kinerja pemerintah daerah.

Rapat dewan dalam paripurna ini digelar dalam rangka persetujuan bersama antara DPRD dan bupati atas RAPBD TA 2021 yang disampaikan langsung oleh Bupati Sampang. Dalam sambutannya, Bupati Sampang menerangkan adanya beberapa bagian yang menjadi prioritas utama dalam penentuan pembangunan. Yakni tentang arah kebijakan Pemkab, kebijakan pengelolaan keuangan daerah, dan penyelenggaraan tugas pembantuan umum pemerintahan. “Ada empat bagian yang menjadi arah kebijakan kita dalam membangun sampang,” ujarnya.

Dikatakan, dalam hal ini dari PAD yang masuk pihaknya secara maksimal sudah melakukan banyak terobosan agar peningkatan kinerja dari pejabat daerah bisa terwujud. Termasuk pula peran wakil rakyat dalam membantu tugasnya yang bekerja sesuai dengan tupoksi yang dilakukan tepat waktu.

Pihaknya berharap usai disampaikannya RAPBD 2021 tersebut dapat memberikan perubahan yang lebih efektif, efisien dan akuntabel terhadap manfaat besar bagi masyarakat. Terlebih terdapat kesalahan dalam rencana program-program dan kegiatan yang belum sejalan dengan pandangan legislatif bisa memberikan masukan dan saran yang bersifat konstruktif. “Pihak legislatif dapat memberikan saran dan masukan demi pembangunan sampang yang lebih baik,” ungkapnya.

Ketua DPRD Sampang Fadol mengatakan pihaknya berterima kasih kepada jajaran pemerintah daerah yang secara tepat waktu dapat menyampaikan pertanggung jawaban RAPBD TA 2021 ini. Diharapkan hal ini dapat menjadi bahan evaluasi bersama bagi eksekutif maupun legislatif. Termasuk pula bisa memberikan kontribusi yang nyata dan bisa memberikan evaluasi yang konstruktif bagi kemajuan pembangunan sampang ke depan. ”Dari situ rekomendasi yang diberikan yang bisa bermanfaat untuk pembangunan Sampang,” jelasnya.

Ditempat lain, Sekretaris dewan (Sekwan) Anwari Abdullah secara lembaga dan pribadi menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak. Hal ini karena paripurna persetujuan bersama antara DPRD dan bupati atas RAPBD 2021 dapat berjalan sukses. “Semoga hasilnya akan berdampak positif terhadap pemerintahan dan lancar,” ucapnya dengan nada yang tegas. (ram)

Leave a Comment