Data Utama Madura Politik Sumenep

KPU Sumenep Fokus Pemetaan Anggaran dan Pengembangan SDM

Komisioner KPU Sumenep Rafiqi Tanzil

SUMENEP, beritadata.id – Usai pelaksanaan launching tahapan pemilu beberapa waktu lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep fokus pada pembahasan pemetaan anggaran di masing-masing tahapan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Komisioner KPU Sumenep Rofiqi Tanzil mengatakan, pemetaan anggaran saat ini mulai dibahas. Kata dia pihak KPU Kabupaten tinggal menunggu instruksi dari KPU pusat.

“Untuk KPU kabupaten saat ini fokus pada penguatan-penguatan SDM. Agenda terdekat KPU Sumenep bakal mempersiapkan pendaftaran dan verifikasi calon peserta pemilu pada 29 Juli hingga 13 Desember 2022,” katanya, Rabu (29/06/22).

Rafiqi menjelaskan, besarnya anggaran ditentukan KPU pusat. Dimana, anggaran pemilu semuanya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sementara berdasarkan data yang ada jumlah total keseluruhan senilai Rp76,6 triliun.

Pihaknya meminta, semua lembaga bisa membantu KPU untuk melancarkan semua tahapan. Sebab, KPU tidak bisa bekerja sendirian dan perlu kerja sama dengan pihak-pihak terkait.

“Semoga pelaksanaan Pemilu 2024 bisa menyuguhkan perebutan kekuasaan secara legal dan tidak menjadi momen perpecahan. Sebaliknya bisa menjadi sarana untuk mengintegrasikan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sumenep A. Warits menambahkan, saat ini KPU sudah mempersiapkan diri melakukan reformasi birokrasi.

“Saat ini kami juga fokus pada pengembangan dan penguatan SDM yang ada,” tegasnya. (Zn)

Leave a Comment