Budaya Data Utama Madura Sumenep

Selama 8 Hari, Libur Lebaran Berhasil Dongkrak PAD Wisata Sumenep

Pengunjung menikmati jasa sewa naik kuda di pantai wisata Lombang

SUMENEP, beritadata.id – Libur lebaran di Kabupaten Sumenep berhasil mendongkrak pertumbuhan ekonomi di segala lini. Tak terkecuali Pendapatan Asli Daerah (PAD) wisata yang dikelola Pemkab yang ikut merangkak naik.

Dimana, selama perayaan libur lebaran, khususnya lebaran ketupat, dua destinasi wisata pantai, yakni pantai Slopeng dan pantai Lombang mampu menghasilkan PAD hingga mencapai ratusan juta rupiah

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep, Moh Iksan, Rabu (11/05/22).

Mantan Kepala Dinsos itu mengungkapkan, sejak dibuka per tanggal 02 sampai 10 Mei 2022 lalu, dua destinasi itu telah menyumbang PAD sebesar Rp 230 juta

“Selama 8 hari pendapatan sektor wisata cukup fantastis, pencapaian PAD-nya melebihi target,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, awalnya hanya menetapkan target PAD wisata sebesar Rp 150 juta. Namun, diluar dugaan angka tersebut terus bertambah seiring berlangsungnya pesta lebaran ketupat.

“Ini akan terus bertambah karena event pesta ketupat berakhir sampai 16 Mei 2022,” tambahnya.

Saat ini lanjut Iksan, jumlah pengunjung dua wisata tersebut sudah tembus kisaran 19 ribu lebih, terbanyak pengunjung di Pantai Lombang yang mencapai sebanyak 13 ribu lebih dan Pantai Slopeng sebanyak 6 ribu lebih.

“Angka ini cukup fantastis. Tapi, kami selalu mengimbau kepada pengunjung wisata dan pengelola, agar tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). Hal itu untuk menghindari penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Pihaknya mengaku selama ini, selalu mengimbau kepada pengelola wisata supaya sapta pesona wisata untuk selalu dijaga seperti kebersihan, keamanan, kenyamanan dan keindahan supaya pengunjung ingin kembali lagi ke wisata tersebut.

“Di lokasi wisata tentunya ada kekurangan apalagi di wisata bahari. Kita akui untuk tempat bilas masih kurang. Ini menjadi catatan untuk segera dilakukan perbaikan fasilitas,” imbuhnya.

Diketahui, Lokasi wisata yang dikelola Pemkab Sumenep, dan penghasil PAD, ada 3 lokasi, yakni Museum Keraton, di Kecamatan Kota Sumenep, Pantai Lombang di Kecamatan Batang-batang dan Pantai Slopeng di Kecamatan Dasuk. (Zn)

Leave a Comment