Data Utama Madura Sumenep

Tanam Pohon, Medco Energi Komitmen Lestarikan Lingkungan Sumenep

Para karyawan Medco Energi saat melakukan penanaman pohon

SUMENEP, beritadata.id – SKK Migas – Medco Energi Madura Offshore komitmen melakukan penghijauan di Kabupaten Sumenep. Hal itu dibuktikan dengan gerakan pelestarian lingkungan penanaman pohon yang dilakukan setiap tahun perayaan Hari Bumi oleh perusahaan tersebut.

Dimana, hari bumi rutin diperingati setiap tanggal 22 April. Tahun ini, SKK Migas – Medco Energi Madura menanam 555 bibit pohon sonokembang (pterocarpus indiscus) di Jalan Lingkar Barat Kota Sumenep, Rabu (20/4/2022) kemarin.

“Kegiatan ini mengusung tema Hari Bumi ‘Berinvestasi di Planet Kita’,” ujar VP Relations & Security Medco E&P, Arif
Rinald dalam keterangan persnya. Kamis (21/4/2022).

Menurut Arif, Kegiatan penanaman pohon yang terpusat di jalur lingkar barat itu ditanam di bahu jalan utama Kota Sumenep, juga bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumenep.

“Pada 20 April kemarin, penanaman pohon dilakukan secara simbolis, sementara pelaksanaan keseluruhan akan dilaksanakan pada bulan Juni 2022,” urainya.

Arif juga menjelaskan, kenapa pohon yang dipilih adalah pohon Angsana atau sonokembang (Pterocarpus indicus)? karena pohon tersebut merupakan jenis yang kuat, awet dan peneduh dan biasa digunakan untuk hutan kota.

“Penanaman pohon ini selain diharapkan untuk mengeluarkan oksigen, mengurangi jumlah limpasan air, pohon ini akan bermanfaat untuk mengurangi erosi dan polusi disaluran air sehingga dapat mengurangi efek banjir,” harapnya.

Kegiatan penanaman pohon, sambung Arif, sebelumnya juga dilakukan di Pulau Giligenting pada tahun 2021. Dengan realisasi penghijauan tersebut, SKK Migas-MedcoEnergi Madura Offshore mencatat telah menanam 1.600 pohon
lebih sejak tahun 2021 hingga 2022 .

“SKK Migas-MedcoEnergi Madura Offshore akan terus berupaya melestarikan lingkungan sebagai bentuk kepedulian Perusahaan terhadap keberlanjutan lingkungan dan sejalan dengan Strategi Perubahan Iklim Medco Energi,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment