Data Utama Madura Pemerintahan Sumenep

Sambut HPN 2022, Jurnalis Arya Wiraraja Komitmen Kembali Aktif Kawal Pemkab Sumenep

Anggota komunitas Jurnalis Arya Wiraraja saat menggelar ngopi bareng

SUMENEP, beritadata.id – Setelah sempat vakum kurang lebih selama satu tahun, komunitas Jurnalis Arya Wiraraja (Jawara) berkomitmen aktif kembali mengawal isu lokal di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep.

Demikian disampaikan koordinator Jawara, Miftahol Hendra Efendi usai memperingati perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Jl. Dr. Cipto, Gudang, Kolor, Kota Sumenep, Rabu (09/02/22) kemarin.

Menurut pria berkacamata itu, pada momentum tahunan ini, Jawara hanya memperingati HPN dengan cara yang amat sederhana. Yaitu sebatas menggelar ngopi bareng dengan semua anggota komunitas yang berjumlah 15 orang itu.

Gelar ngopi bareng ini diambil sebagai simpul kemesraan serta merajut kembali benang kusut yang sempat terputus. Kata dia, ngopi bagian dari refleksi diri agar pikiran tetap tenang dalam melakukan pengawalan dan pengawasan kinerja Pemerintah.

“Pers adalah mitra pemerintah, kita apresiasi jika program dan kinerjanya berjalan positif, maka dari itu Jawara berkomitmen aktif kembali,” tegasnya.

Sebagai insan pers yang baik, menurut Hendra jurnalis harus memiliki sudut pandang menyeluruh. Sehingga hasil karyanya sesuai dengan kaidah-kaidah produk jurnalistik.

“Artinya, kita tidak boleh menutup mata untuk menyampaikan kritik dan koreksi pada pemerintah apabila kebijakannya berjalan ke arah yang salah,” sambungnya.

Sementara itu Mahrus Ali, anggota Jawara yang lain mengatakan, kopi dapat menenangkan pikiran sebelum memulai aktivitas.

“Bila pikiran tenang, maka yang ditulis pula tenang, lugas dan terstruktur. Sebaliknya, jika agak ruwet, maka menulis pun bisa saja tidak konsentrasi,” ujar jebolan Universitas 17 Agustus Surabaya itu.

Masih kata Mahrus, komunitas Jurnalis Arya Wiraraja hanyalah sebuah perkumpulan para kuli tinta yang tidak memiliki legal standing jelas, mereka terbentuk tiba-tiba, tak punya AD/ART dan tak punya susunan kepengurusan.

“Sederhananya, komunitas ini hanyalah tempat berkumpulnya Jurnalis muda yang baru untuk berbenah diri dalam menulis,”

“Jadi jangan khawatir, bagi jurnalis muda yang suka diskusi dan sharing pengalaman dalam dunia tulis menulis bisa join di sini.
Jika sudah matang, silakan bergabung dengan organisasi yang sudah diakui oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep,” pungkas Mahrus. (Zn)

Leave a Comment