Data Utama Madura Sumenep

Kadiskop UMKM dan Perindag Sumenep Dampingi Gubernur Jatim Borong Srikaya

Gubernur Jatim, Wabup dan Kadiskop UMKM Sumenep saat borong buah srikaya di pasar Bluto

SUMENEP, beritadata.id – Dalam lawatannya ke Kabupaten Sumenep, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sempatkan diri menyapa masyarakat. Utamanya para pedagang di pasar tradisional Kecamatan Bluto, Selasa (18/01/22).

Didampingi Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan (Diskop UMKM dan Perindag) Sumenep Ainur Rasyid, Gubernur Khofifah memborong dagangan para pedagang buah Srikaya yang ada di pinggir jalan sepanjang jalan pasar Bluto.

Dalam keterangannya saat diwawancara awak media, tujuan awal sebetulnya dalam rangka kunjungan kerja ke Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura Pamekasan. Namun saat dirinya melihat ada buah Srikaya yang didisplay di foto-foto milik para petani di Sumenep membuatnya tertarik mampir sebentar untuk membeli buah tersebut.

“Sebelum berangkat ke IAIN Pamekasan, saya lihat foto buah srikaya yang memang sudah dikenal di Kabupaten Sumenep, jadi saya mampir sekaligus menyapa para pedagang di sini,” ujarnya diiringi senyum.

Ia menilai, buah Srikaya memiliki potensi besar untuk lebih dikembangkan. Artinya butuh sentuhan pemerintah agar tanaman ini dibudidayakan secara terukur oleh masyarakat setempat sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Baik itu difasilitasi secara budidaya modern, penjualan dan pemasarannya.

“Saya rasa kalau dibudidayakan lebih serius akan memberikan dampak yang positif, bisa memunculkan varietas baru, dan ini akan menjadi tambahan income bagi masyarakat,” urainya.

Terpantau, dalam kunjungannya ke Kabupaten Sumenep, sang Gubernur juga membagikan sejumlah paket sembako kepada para warga khususnya ke pedagang srikaya di Pasar Bluto.

Sementara itu kepala Diskop UMKM dan Perindag Sumenep Ainur Rasyid merespon, pihaknya akan berupaya memfasilitasi para pedagang buah Srikaya dari segi penjualan dan pemasarannya. Sehingga para pedagang dapat lebih mudah melakukan transaksi dengan pembeli.

“Pertama saya ucapkan terimakasih atas kunjungan ibu Gubernur kesini, terimakasih juga telah memberikan masukan dan pandangannya,” ucap Ainur Rasyid.

Kata dia, Diskop UMKM dan Perindag Sumenep akan membuatkan lapak-lapak penjualan buah Srikaya di pasar Bluto.

“Ini kan buah musiman, jadi kami menang memiliki rencana untu ini,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment