Bangkalan Data Utama Madura

Bupati Bangkalan Apresiasi Buku ‘Blater’ Karya Muniri

BANGKALAN, beritadata.id – Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron mengapresiasi terbitnya buku berjudul “Blater” hasil karya Muniri, yang merupakan putra daerah Kabupaten Bangkalan.

Adanya buku ini dinilai bisa menambah kekayaan wawasan generasi masyarakat Madura khusunya Bangkalan, terlebih generasi masyarakat diluar Madura dalam mengenal istilah blater.

“Kami mengucapkan selamat atas terbitnya buku ‘Blater’ karya Mas Muniri. Semoga bermanfaat bagi generasi muda, baik di Bangkalan, Madura, dan yang diluar pulau Madura, dalam memahami maksud dari blater itu,” ucapnya, Senin (10/1/2022).

Menurut mantan Wakil Ketua DPRD ini, buku merupakan pengikat ilmu pengetahuan, sehingga kapasitas intelektual seseorang sering kali diukur melalui seberapa banyak ia membaca buku.

Oleh karena itu ia berharap generasi muda Bangkalan khususnya terus meningkatkan daya membacanya, terlebih membaca buku budaya madura, seperti buku berjudul “Blater” ini.

Pasalnya, sebagai warga Madura, generasi muda harus memahami secara betul terkait maksud dari kata blater tersebut. Sebab, blater adalah figur sosial yang dihasilkan melalui kondisi ekologis masyarakat  Madura.

“Nah, saya rasa buku “Blater” ini sangat tepat bagi generasi muda agar tidak salah memahami maksud dari blater. Misalnya, kaum blater memiliki banyak media untuk menjalin komunikasi antar sesama blater, seperti karapan sapi,” pungkasnya. (Red)

Leave a Comment