Bangkalan Data Utama Kesehatan Madura

Tidak Lagi Perlu Operasi, Batu Ginjal Bisa Dihilangkan dengan Terapi Ini

dr. Ari Alauddin Mawdudi, Sp.U Penanggungjawab Poli Urologi RSUD Syamrabu Bangkalan

BANGKALAN, beritadata.id – Dokter Penanggung Jawab Poli Urologi RSUD Syamrabu Bangkalan dr. Ari Alauddin Mawdudi, Sp.U mengingatkan kepada penderita penyakit batu ginjal untuk tidak mendiamkannya dalam waktu yang cukup lama. Sebab, bisa berakibat serius pada kesehatan. Oleh karena itu harus segera mungkin mendapat penanganan.

“Penanganan pasien yang menderita penyakit batu ginjal dapat dilakukan dengan cara terapi. Yaitu, menggunakan teknologi extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL),” jelasnya.

Menurutnya, alat canggih tersebut dapat ditembakkan dari luar tubuh dengan gelombang kejut.

“Dengan begitu, batu bisa menjadi pecahan halus. Pecahan tersebut dapat keluar bersama urine,” paparnya.

Prosedur tindakan menggunakan ESWL dilakukan saat pasien sadar. Karena ESWL berbeda dengan operasi , tidak memerlukan sayatan sedikit pun ke kulit.

“Anggota tubuh sedikit pun tidak terlukai. Penanganannya tanpa pembiusan. Tetapi, pasien hanya diberi obat penghilang rasa sakit,” terangnya.

Setelah selesai penanganan, pasien dapat beraktivitas normal setelah 24 jam setelah diterapi. Tindakan ESWL menjadi metode pengobatan penyakit batu ginjal yang paling praktis.

“Tapi, tidak semua orang yang memiliki batu ginjal bisa menjalaninya,” ujarnya.

Dijelaskan dr. Ari, ada beberapa hal yang menentukan, apakah seseorang dapat menjalani tindakan ESWL atau tidak. Di antaranya, ukuran, jumlah, lokasi, dan material batu ginjal.

“Jadi kami mengimbau bagi masyarakat yang mengalami keluhan mengarah ke batu ginjal untuk berkonsultasi kepada dokter urologi terdekat,” katanya.

Dengan melakukan konsultasi, maka dokter akan melakukan sejumlah tes untuk memastikan, apakah pasien bisa mendapat terapi ESWL atau tidak.

Dirinya meminta masyarakat untuk tidak takut lagi memeriksakan diri apabila terdapat batu pada ginjal dan atau batu pada saluran kemih.

“Karena tindakan ESWL bisa menjadi pilihan aman dan nyaman. Risiko komplikasi tindakan ESWL lebih minim daripada operasi,” tandasnya.

Selain itu, pemulihan pasien lebih cepat. Biaya yang harus dikeluarkan oleh pasien pun lebih murah.

dr. Ari juga memberikan tips agar terhindar dari batu ginjal. Yaitu harus banyak minum air putih sehingga memenuhi asupan cairan setiap hari.

“Olahraga teratur dan diet yang seimbang. Dengan begitu akan terhindar dari penyakit batu ginjal,” tutupnya. (Red)

Leave a Comment