Data Utama Madura Sumenep Technology

Peringati Harhubnas 2021, UPBU Trunojoyo Sumenep Usung Tema Bergerak Harmonikan Indonesia

Kepala UPBU Trunojoyo Sumenep M Arqodri Arman saat diwawancara awak media

SUMENEP, beritadata.id – Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) Trunojoyo Kelas III Sumenep sukses menggelar upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2021, Jumat (17/9/2021). Acara tersebut mengusung tema ‘Bergerak Harmonikan Indonesia’.

Pelaksanaan upacara tersebut berlangsung di lapangan Bandar udara setempat di Jalan Raya By Pass, Area Sawah, Marengan Daya, Kota Sumenep.

Kepala Kantor UPBU Trunojoyo Sumenep, M. Arqodri Arman menjelaskan, hari perhubungan nasional tahun ini merupakan momentum bagi pihak bandara sebagai insan perhubungan untuk memperkuat simpul transportasi.

Sebab kata kata dia, kota keris ini memiliki wilayah yang terdiri dari gugusan pulau-pulau. Sehingga sangat penting untuk memperkuat simpul trasportasi baik transportasi laut, udara dan darat.

“Upaya untuk memperkuat simpul transportasi tersebut perlu dukungan banyak pihak. Baik pihak bandara dan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat,” ujarnya.

“Kami bertekad bersama-sama di insan perhubungan Sumenep untuk mempererat silaturahmi, memperkuat simpul transportasi, khususnya di kota keris ini,” sambung Arqodri usai pelaksanaan upacara.

Pihaknya mengaku, UPBU Trunojoyo Sumenep masih mempunyaI pekerjaan rumah (PR) banyak. Khususnya akibat adanya bencana pandemi Covid-19.

Dimana, sejak adanya pandemi minat masyarakat cenderung menurun dalam menggunakan pesawat. Sehingga, sangat memberikan pukulan keras bagi transportasi, khususnya di bidang penerbangan.

“Sama-sama kita ketahui sejak bulan April tahun 2020 tahu kemarin, penerbangan kita tidak bisa direalisasikan, dan sampai saat ini pihak maskapai belum ada rencana pasti untuk penerbangan komersil,” keluhnya.

Meski begitu, kedepan pihaknya optimistis penerbangan di Sumenep akan bergerak ke arah yang diharapkan. Pasalnya, saat ini penerbangan perintis dengan tujuan ke gugusan pulau-pulau kembali di operasikan. Seperti ke pulau Bawean dan penerbangan ke pulau Pagerungan juga dalam usaha pengoperasian kembali.

“kita mendukung Bandara Pagerungan untuk bisa kembali beroperasi dan memberikan pelayanan pada penerbangan di Bandara tersebut,” pungkas Arqodri. (Zn)

Leave a Comment