Data Utama Madura Pemerintahan Sumenep

Bakal Calon Kepala Desa di Sumenep di Dominasi Lulusan SMA

Kepala bidang pemberdayaan masyarakat dan desa DPMD Sumenep Supardi

SUMENEP, beritadata.id – Suasana politik di tingkat desa di Kabupaten Sumenep saat ini kian memanas. Terbukti, jumlah peserta yang mendaftar calon kepala desa tembus ratusan pendaftar. Yakni 307 bakal calon.

Pada kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun ini, ada sekitar 86 desa yang bersiap memilih calon pemimpin baru. Dari 307 bakal calon kades itu, rata-rata didominasi lulusan sekolah menengah atas (SMA).

Adapun rincian dari 307 orang pendaftar sebagai Bakal Calon Kades tersebut, terdiri dari 259 orang laki-laki, dan 48 orang perempuan, dengan tingkat pendidikan yang bervariasi, yakni SMP 19 orang, SMA 142 orang, Diploma 7 orang, S1 129 orang dan S2 9 orang.

Kepala bidang pemberdayaan masyarakat dan desa (Pemdes) DPMD Sumenep Supardi mengatakan, untuk sementara pendaftar terbanyak berasal dari Desa Poteran, Kecamatan Talango, yakni ada 10 pendaftar yang terjaring.

“Ini masih tahapan penjaringan, belum tahap penyaringan,” katanya, Selasa (18/05/21)

Menurut Supardi, tahap selanjutnya adalah tahap penyaringan. Panitia akan menyeleksi dari beberapa persyaratan khususnya administrasi. Jika panitia sudah tidak ada keraguan lagi, maka selanjutnya ditetapkan sebagai calon yang lolos administrasi.

“Apabila Bakal Calon lebih dari 5 orang yang memenuhi persyaratan, maka akan dilakukan tes tambahan, yakni menyandingkan antara tingkat pendidikan, pengalaman, usia dan tes wawancara,” paparnya.

Pihaknya berharap, panitia Pilkades harus mematuhi Perbup Nomor 15 Tahun 2021 tentang pilkades perubahan dari Perbup Nomor 54 tahun 2019.

Sesuai dengan keputusan Bupati Sumenep Nomor 188/135/KEP./135.013/221 tentang jadwal hari H pelaksanaan pemungutan suara Pilkades serentak Kabupaten Sumenep akan digelar pada tanggal 8 Juli 2021 mendatang.

“Masyarakat harus pandai memilih, mudah-mudah Pilkades serentak tahun ini terlaksana sesuai harapan,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment