Data Utama Madura Pemerintahan Sumenep

Pemdes Lobuk Wakili Sumenep Berkompetisi di Jawa Timur

Suasana penilaian lomba

SUMENEP, beritadata.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Lobuk Kecamatan Bluto, terpilih sebagai juara dalam lomba evaluasi perkembangan desa tingkat Kabupaten.

Lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan desa (DPMD) setempat tahun 2021 tersebut diikuti desa se-Kabupaten Sumenep.

Dimana, indikator penilaian yakni dari bidang administrasi pemerintahan, kewilayahan dan partisipasi masyarakat serta inovasi desa.

Meski belum ada pengumuman atau pemberitahuan secara resmi. Sinyal Desa Lobuk keluar sebagai juara untuk mewakili Sumenep berkompetisi di Jawa Timur sudah merebak.

Demikian disampaikan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat DPMD Kabupaten Sumenep Tabrani, Senin (26/4/21) kemarin.

“Dari enam nominator yang lolos di babak sebelumnya, Desa Lobuk keluar sebagai pemenang tingkat Kabupaten,” katanya.

“Selamat Desa Lobuk mewakili Kabupaten Sumenep, dalam rangka ikut lomba Desa tingkat Jawa Timur,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumenep, Moh. Ramli, saat ini pihaknya tengah menunggu SK dari Bupati untuk mengumumkan pemenangnya.

“Tim juri sudah ada penilaian, pemenang sudah ada, tinggal menunggu pengesahan Bupati, kan kewenangan Bupati,” ucap Ramli saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Mantan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumenep ini mengurai, untuk melahirkan juara tingkat Kabupaten, ada serangkaian tahapan yang sudah dilalui, mulai dari penilaian administratif secara online, tahapan pemaparan yang kemudian dibedah oleh tim juri.

“Semua desa yang dinyatakan menang dari tingkat Kecamatan, Pemdes diberi kesempatan untuk menyampaikan pemaparan guna menguji dan memperdalam materi yang sudah diupload via online oleh tim juri, tim kemudian melakukan pembuktian lapangan dengan melakukan pengecekan secara langsung di balai desa, barulah diakumulasi penilaiannya,” urainya.

Setelah menemukan juara tingkat Kabupaten, obsesi DPMD, lanjut Ramli, adalah mengikut sertakan desa yang menang dalam gelaran lomba tingkat Provinsi Jawa Timur, bahkan Nasional.

“Ini lomba berjenjang, dari Kabupaten, Provinsi hingga Nasional, obsesi kami, akan mengikutkan ke kompetisi tingkap Provinsi, bahkan Nasional nantinya, itu ketika bicara lombanya. Tapi terlepas dari urusan lomba, hakekat kami ingin ada porsi pembinaan, atensi dan reward kepada desa-desa yang nyata menunjukkan kinerja lebih dari desa yang lain,” paparnya.

“Desa yang sudah didaulat sebagai pemenang, pasti punya kelebihan dibanding desa yang lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Desa Lobuk, Moh. Saleh mengaku senang Desa yang dipimpinnya terpilih sebagai juara tingkap Kabupaten.

Kendati demikian, kemenangan tersebut tidak lantas menjadikan Pemdes Lobuk besar kepala, bagi kades dua periode itu, banyak hal yang perlu dilakukan untuk menjadikan Lobuk lebih baik lagi, sehingga bimbingan dan arahan dinas terkait, terutama dukungan dari warga setempat sangat dibutuhkan.

“Ini kemenangan kita bersama, yang harus dijadikan motivasi agar Pemdes Lobuk lebih baik dan lebih maju lagi, terima kasih kami sampaikan kepada DPMD yang selalu memberikan motivasi, kemenangan ini adalah kemenangan masyarakat Lobuk,” tuturnya.

Saleh memastikan pemerintahnya senantiasa akan terus berbenah, dengan cara membuka wadah kritik dan masukan dari semua elemen.

“Masukan sekecil apapun untuk kemajuan desa Lobuk akan sangat berarti, mari bersama-sama membangun desa ini agar maju dan berkembang,” pungkas Moh Saleh. (Zn)

Leave a Comment