Budaya Data Utama Madura Sampang

PWI Sampang Ziarah ke Makam Senior

SAMPANG, beritadata.id – Dalam peringatan hari pers tahun 2021 ini, PWI kabupaten Sampang menggelar serangkaian kegiatan. Salah satunya ziarah kubur terhadap salah satu wartawan senior ditubuh PWI Sampang, selasa (9/2/2021). Dalam perayaan HPN kali ini, PWI tetapi jalankan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid 19 dengan tidak mengadakan kegiatan yang dapat mengundang masyarakat.

Almarhum Agus Surachman yang merupakan mantan wartawan Metro TV merupakan salah satu sosok wartawan pendiri PWI dikabupaten bahari ini. Sehingga tak heran bilamana banyak pihak merasa kehilangan 4 tahun lalu, tepatnya 23 Maret 2017 lalu.

Setibanya di lokasi pemakaman, rombongan Keluarga Besar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sampang yang turut serta dalam ziarah yang juga sebagai moment peringatan Hari Pers Nasional ke 75. Untuk mengenang dan mengirimkan doa kepada almarhum, belasan pengurus PWI itu melakukan pembacaan tahlil tepat di samping makam Agus Surachman.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengatakan jika dirinya sangat mengenang betul dengan sosok Almarhum Agus Surachman ketika masa hidupnya. Dimana menurutnya, sosok Agus dapat dijadikan panutan bagi para wartawan masa kini sebab dirinya memandang Almarhum dikenal sebagai sosok yang pantang menyerah. “Saya merasa sangat terharu karena masih ingat bagaimana almarhum ini masih memegang tugas sebagai wartawan di empat Kabupaten, sempat bercurhat jika ingin memperjuangkan nasib rakyat kecil melalui karya jurnalistiknya,” ujarnya disela-sela tugasnya, Selasa (9/2/2021).

Sementara itu, ditempat yang sama Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sampang Syaiful Ramadhan mengakui jika peran almarhum Agus dalam dunia ke jurnalistikan sangat besar khususnya di Kabupaten Sampang. Terlebih beliau merupakan Ketua PWI yang pertama di Kabupaten Sampang sekaligus sebagai perintis awal berdirinya organisasi tersebut sehingga sampai saat ini jasanya sangat dikenang oleh seluruh insan pers di Kota Bahari. “Almarhum memang sudah tiada namun karyanya akan selalu terkenang dan melekat serta menjadi motivasi bagi wartawan lain di Sampang untuk dapat bertugas lebih profesional dan berintegritas sesuai dengan kode etik jurnalistik,” jelasnya singkat. (ful)

Leave a Comment