Bangkalan Data Utama Madura Pemerintahan

Pimpinan DPRD Sidak Gedung Baru yang Rusak Sebelum Ditempati

BANGKALAN, beritadata.id – Unsur pimpinan DPRD Bangkalan melakukan inspeksi mendadak (sidak) Jumaat (18/12/2020), ke gedung DPRD yang baru selesai di bangun. Sidak itu dilakukan berdasarkan beredarnya video yang sempat viral di media sosial beberapa hari yang lalu. Dalam video itu ada beberapa bagian gedung DPRD yang baru di bangun sudah mengalami kerusakan. Padahal belum di tempati.

Sidak tersebut dilakukan langsung oleh Ketua DPRD Bangkalan, Mohammad Fahad, yang di dampingi oleh wakil Ketua DPRD, H. Fatkhurrahman dan Khotib Marzuki.

H. Fathurrahman usai sidak mengatakan, pihaknya sempat kaget ketika melihat secara langsung kerusakan di beberapa bagian gedung DPRD yang baru, yakni di tangga dan pot bunga.

Namun kata dia, setelah di cek ternyata beberapa bagian yang rusak itu tidak ada pengaruh kepada tubuh bangunan.

“Tubuh bangunan tidak ada sedikitpun yang retak. Hanya saja Pot bunga dan tangganya saja, dan tidak ada pengaruh sedikitpun terhadap tubuh bangunan,” ujar dia.

Intinya lanjut Ji Kur(sapaan akrabnya), tubuh bangunan ini sudah cukup kuat dan sudah sesuai, sebab kalau bangunan cukup besar seperti ini sebelumnya pasti di tes dulu beratnya. Sehingga ketika pembangunannya di laksanakan tentu disesuaikan dengan beratnya.

“Beberapa bagian gedung yang retak itu ternyata terpisah dari tubuh bangunan. Namun semestinya itu sudah diperhitungkan dari sebelumnya. Berhubung, mungkin bebannya tidak begitu kuat sehingga kontraktor atau pengelola sedikit lengah, dan pot-pot bunga itu menjadi retak,” tandasnya.

Oleh karena itu pihaknya meminta kepada dinas terkait, jika pot bunga ini masih mau diperbaiki, maka harus disambungkan dengan gedung utama, agar lebih kuat. Sebab, jika bangunan utamanya tidak ada maslah dan tidak mengalami kerusakan sedikitpun.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perumahan Rakayat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Bangkalan, Ishak Sudibyo mengaku akan melakukan perbaikan terhadap beberapa bagian gedung yang mengalami kerusakan.

“Nanti bagian yang retak-retak ini akan diperbaiki, dan pastinya akan disesuaikan dengan keinginan dan rekomendasi dari pak ketua Dewan tadi,” ujarnya.

Menurut dia kondisi bangunan utama gedung baru DPRD tersebut tidak ada masalah. Bahkan setelah di cek oleh pimpinan dewan tidak ditemukan keretakan sedikitpun.

“Hanya di bagian pot dan tangganya saja, dan itu akan diperbaiki nanti. Kalau konstruksi bangunan utamanya tidak ada masalah,” tutupnya. (Red)

Leave a Comment