Data Utama Madura Sumenep

Gandeng BMT NU, Diskop UMKM Sumenep Bekali Kopwan Pelatihan Koperasi Syariah

Antusias, para peserta mengikuti pelatihan di BMT NU Batang-Batang

SUMENEP, beritadata.id – Dinas koperasi usaha mikro kecil dan menengah (Diskop UMKM) Sumenep sukses menggelar pelatihan koperasi wanita (Kopwan).

Dalam program pelatihan terhadap Kopwan tersebut, Diskop UMKM Sumenep menggandeng Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan (KSPP) Syariah Baitul Maal wat Tamwil Nuansa Umat (BMT NU) Kabupaten Sumenep.

Program pelatihan dan study banding Kopwan ke BMT NU digelar selama dua hari. Yakni sejak Rabu (16/12/20) kemarin hingga hari ini, Kamis (17/12/20).

Hari pertama, kegiatan tersebut berlangsung di kantor pusat BMT NU Kecamatan Gapura. Sedangkan hari kedua di laksanakan di lima lokasi. Diantaranya kantor cabang BMT NU pusat Gapura, kantor cabang kota Sumenep, kantor cabang Paberrasan, Batang-Batang dan kantor cabang Dungkek.

Kepala Diskop UMKM Sumenep Sustono menyampaikan, peserta terdiri dari 15 unit Kopwan di Kabupaten Sumenep. Dimana masing-masing kantor cabang BMT NU diikuti 6 peserta pelatihan.

Kata dia, pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman, chaneling, konsultasi dan study lapang berkaitan dengan koperasi wanita syariah.

“Di Sumenep ada 334 koperasi wanita, pelatihan dan pembinaan ini akan berlanjut secara bertahap,” katanya. Kamis (17/12/20).

Pihaknya berharap, melalui program pelatihan itu Koperasi Wanita di Kabupaten Sumenep semakin berkembang.

“Tentunya sesuai dengan pola yang didapat dari BMT NU yang tak lepas nilai-nilai syariat Islam,” ucap Sustono.

Di tempat terpisah, ketua Kopwan Kecamatan Batang-Batang Siti Maimunah (50) mengaku, pihaknya sangat antusias mengikuti program pelatihan. Sebab, dengan pelatihan ilmu tentang pengelolaan koperasi wanita akan semakin bertambah.

“Kalau pelatihan hari ini langsung praktek, harapan kami tetap berkelanjutan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala cabang BMT NU Batang-Batang Dheta Dewi Mashita mengutarakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan tersebut.

“Kami berharap kerjasama antara Diskop UMKM Sumenep dan BMT NU tetap terjalin,” tandasnya. (Zn)

Leave a Comment