Bangkalan Madura Pemerintahan

Pemkab Dorong Masyarakat Penuhi Ketahanan Pangan Secara Mandiri

BANGKALAN, beritadata.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan terus mendukung dan mendorong masyarakat Bangkalan dapat memenuhi ketahanan pangan secara mandiri. Utamanya di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron saat menghadiri acara panen udang bersama Forkopimda di Kecamatan Sepulu, Bangkalan. Ia mengatakan, pihaknya akan terus mendukung berbagai bentuk sektor usaha sebagai upaya memenuhi ketahanan pangan terutama dalam masa pandemi Covid-19. Melalui upaya peningkatan ketahanan pangan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, sekaligus dapat menjadi stimulasi dalam pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan dalam masa pandemi Covid-19 ini banyak cara yang dapat dilakukan masyarakat dalam memenuhi pangan secara mandiri. Salah satu contohnya menanam sayuran di halaman rumah atau dengan menggunakan sistem hidroponik. Selain itu, masyarakat dapat melakukan budidaya ikan seperti lele ataupun nila, meskipun tidak memiliki tambak dapat dikakukan menggunakan kolam kecil sederhana ataupun media lainnya seperti ember ataupun sistem terpal. Melalui upaya pangan mandiri ini masyarakat dapat memanen hasilnya untuk dikonsumsi sendiri sekaligus sebagai cadangan pangan skala rumah tangga.

“Jadi tidak harus dalam bentuk pangan berupa beras, sayuran ataupun ikan tetapi apa saja yang dapat di konsumsi dapat dijadikan akternatif ketahanan pangan dalam skala rumah tangga oleh masyarakat,” pungkasnya. (Red)

Leave a Comment