Data Utama Madura Sampang

Kenang Jasa Pahlawan dengan Renungan Suci

SAMPANG, beritadata.id – Malam sebelum kemerdekaan, atau 17 Agustus, selalu dilakukan upacara renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP). Dan untuk Pemkab Sampang, renungan suci dilakukan di TMP Kusuma Bangsa. Acara rutin tahunan ini ditujukan untuk mengenang jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Pada tahun ini, renungan suci dipimpin langsung oleh Kapolres Sampang AKBP Didit BWS.

Tepat pukul 00.07 WIB Bupati Sampang Slamet Junaidi bersama segenap unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sampang menggelar apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa. Tak hanya sekadar upacara dan seremonial semata, apel sekaligus doa bersama digelar sebagai wujud rasa syukur serta terima kasih generasi bangsa saat ini kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Kapolres Sampang AKBP Didit BWS menyatakan nikmat kebahagiaan yang kita rasakan saat ini merupakan hasil perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan republik ini. “Kami berdoa mudah-mudahan segala bentuk perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan kita dapat diterima Tuhan,” harapnya.

Bupati Sampang Slamet Junaidi mengatakan apel dan renungan suci ini digelar sebagai bentuk penghormatan dari kita sebagai generasi yang masih hidup kepada mereka yang telah meninggal karena telah membela bangsa dan negara ini. Pihaknya mendoakan agar para pahlawan yang telah gugur bisa diampuni dan diberikan surga oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. “Kita harus merenungi bahwa perjuangan mereka para pahlawan sangat berat dan kita harus tersadarkan bahwa kita harus melanjutkan perjuangan mereka,” katanya.

Selain itu disampaikan komitmen untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan yang mengorbankan jiwa dan raga.
“Kita bisa melanjutkan perjuangan dalam bentuk mengisi kemerdekaan, dalam bentuk pembangunan, dalam bentuk menyejahterakan masyarakat,” lanjutnya.

Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa diikuti Anggota forum koordinasi pimpinan daerah lainnya, para pejabat baik sipil, anggota TNI / Polri dan Satpol PP, serta peserta lainnya. (ful)

Leave a Comment