Data Utama Madura Sampang

Patuh Semeru 2020, Satlantas Polres Sampang Tekan Penyebaran Covid-19

SAMPANG, beritadata.id – Selama dua minggu, tepatnya mulai tanggal 23 Juli 2020 kemarin hingga 5 Agustus 2020, Satlantas Polres Sampang melaksanakan Operasi Patuh Semeru 2020. Dalam pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2020, sedikitnya beberapa jenis pelanggaran kasat mata yang menjadi atensi atau sasaran petugas untuk dilakukan penindakan.

Bagi para pengendara yang tak ingin terkena tilang, apalagi nantinya akibat pelanggaran bisa saja kendaraan sampai diamankan petugas, maka sangat disarankan untuk tidak melakukan hal-hal terlarang ini. Jenis-jenis pelanggaran yang menjadi atensi sasaran penindakan yakni, dilarang berboncengan lebih dari satu, dilarang melawan arus, bagi pengendara dibawah umur, dilarang mengemudikan kendaraan serta pelanggaran lalu lintas kasat mata lainnya.

“Operasi kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana operasi patuh sekarang ini disamping ada moment giat masyarakat perayaan Idul Adha 1441 H, juga ditengah mewabahnya Covid-19 pada masa new normal atau adaptasi kebiasaan baru,” ujar Kasatlantas Polres Sampang AKP Ayip Rizal, Jumat (24/7/2020).

Atlet olahraga voly nasional ini menegaskan, kegiatan Operasi Patuh Semeru 2020 akan difokuskan pada kegiatan edukatif dan preventif, serta penerapannya lebih menitikberatkan pada penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat yang berkendara di jalan.

“Walaupun fokus terhadap pengawasan penerapan protokol kesehatan, namun secara selektif prioritas apabila ada pelanggaran lalu lintas yang berpotensi terhadap kecelakaan lalu lintas maka akan dilakukan penindakan berupa tilang,” tegasnya.

Dengan adanya operasi tersebut, pihaknya berharap masyarakat bisa lebih sadar dan patuh berlalu lintas serta tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku seperti disiplin dalam pemakaian masker saat berkendara mobil, angkutan umum dan sepeda motor, baik pribadi maupun berpenumpang.

“Penumpang jangan sampai melebihi 50 persen, serta senantiasa menerapkan sosial distancing dan physical distancing saat berkendara maupun bepergian sehingga penyebaran Covid-19 dapat diminimalisir,” imbuhnya.

Dalam operasi patuh semeru 2020 diharapkan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi, diantaranya terciptanya situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan lalu lintas, pelanggaran dan kemacetan. “Meningkatnya ketertiban dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan berkurangnya tempat penyebaran Covid-19,” pungkas perwira yang hobi main voly ini. (ful)

Leave a Comment