Bangkalan Data Utama Madura Pemerintahan

Bupati Ra Latif Lantik Laila Quraini Sebagai PAW Kepala Desa Patenteng

Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron saat melantik Laila Quraini sebagai Kepala Desa Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Patenteng, Modung, Bangkalan

BANGKALAN, beritadata.id – Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron melantik Laila Quraini yang terpilih sebagai Kepala Desa Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Patenteng, Modung, Bangkalan di Pendopo Agung, Kamis (27/2/2020). Laila Quraini menggantikan Mohammad Ruji yang menjabat sebagai Penjabat (Pj) Kepala Desa Patengteng setelah Mohammad Bahri Kepala Desa sebelumnya meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Terhitung sejak dilantik hingga tanggal 08 Juni 2021 mendatang, Laila Quraini akan mengemban amanah besar sebagai Kepala Desa Patenteng.

Oleh karena itu, dalam sambutannya Ra Latif menyampaikan bahwa pemerintahan Desa saat ini diberikan beberapa keleluasaan yang cukup besar dalam penyelenggaraan termasuk dalam pengelolaan anggaran desa melalui APBDes.

Selain itu pemerintahan desa diberi keleluasaan dalam mengusulkan Program Desa melalui Musrembang dan musyawarah lainnya yang dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan pembangunan Desa.

“Semua peluang itu harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat di Desa masing-masing sesuai peraturan dan perundang-undangan yang ada,” paparnya.

Maka dari itu, Kepala Desa harus mempunyai kemampuan pengelolaan Pemerintahan Desa baik dalam pembuatan Peraturan Desa maupun administrasi Pemerintahan Desa.

“Kepala Desa juga harus memiliki kemampuan memetakan potensi konflik dan angka kemiskinan yang valid,” ujar Ra Latif.

Bahkan Ra Latif menekankan kepada Kepala Desa agar tidak menghalangi pembangunan desa yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, Provinsi maupun Pemerintah Pusat.

“Kepala desa juga harus memberikan tauladan dan menunjukkan jiwa kepemimpinan yang baik kepada masyarakatnya dengan tidak melakukan tindakan pidana atau pun tindak asusila lainnya yang pada akhirnya dapat merusak nama baik Desa dan Kabupaten,” tegasnya.

Kepala Desa yang baru saja dilantik harap Ra Latif, segera beradaptasi dan banyak belajar kepada Perangkat Desa, Kepala Desa lain, Tokoh Masyarakat dan Muspika setempat.

“Saya juga berharap, tokoh masyarakat Kepala Desa yang lain dan Muspika bisa membimbing Kepala Desa yang baru ini, karena dia masih muda agar bisa melaksanakan program desa secara maksimal sesuai aturan yang ada,” pungkasnya. (Red)

Leave a Comment