Data Utama Madura Surabaya

Khofifah Akan Bangun Islamic Science Park di Kawasan Suramadu sisi Madura

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa punya mimpi besar menjadikan Jatim sebagai market terbesar dunia. Untuk mewujudkannya, Khofifah bakal membangun Islamic Science Park di kaki Jembatan Suramadu di sisi Madura.

“Karena saya sudah mengemban mandat menjadi Gubernur Jatim, maka mimpi itu akan diwujudkan,” kata Khofifah, di Surabaya, Sabtu (9/3/2019).

Saat ini, lanjut Khofifah konsep dan gambar Islamic Science Park sudah selesai. Namun, konsept itu masih akan di display pada 17 Maret mendatang bersamaan dengan Milineal Fun World. “Nanti akan didisplay di pojok (kaki) Suramadu area Bangkalan Madura, tentang rencana format Islamic Science Park. Bahkan tim saya sudah mendaftarakan ke HAKI,” ujarnya.

Khofifah menjelaskan, Islamic Science Park akan dibangun di lahan sekitar 40 hektar di kaki Jembatan Suramadu di sisi Madura. Dari jumlah lahan itu, 20 persen di antaranya akan digunakan untuk edukasi berupa museum islam digital, 30 persen untuk Art (seni) dan 50 persen untuk Entertaiment.

“Nanti juga ada semacam Islamic center dengan standart internasional dimana ada halal food, halal tourism dan hotel syariah,” katanya.


Khofifah berharap bangunan tersebut nantinya bukan hanya sekedar fisik monumental belaka. Karena tujuan utamanya menjadikan Indonesia khususnya Jatim menjadi pasar syariah internasional, yang selama ini pasarnya dikuasai Malaysia, dan London.

“Indonesia itu negara muslim terbesar dunia, karena kita punya mandat Jatim ya kenapa tidak kita tarik saja ke Jatim,” kata Ketum PP Muslimat NU itu. (Mal/Lim)

Leave a Comment