Data Utama Metropolitan Surabaya

Menkominfo: Minat Pelaku Industri di Media Massa Minim di Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, menyebut minat pelaku industri untuk bermain di industri media massa masih minim. Padahal, kata Rudi, perkembangan startup usaha dalam era digital terus meningkat.

“Di Indonesia ini masih sedikit start up yang mau bergerak di bidang media massa,” kata Rudi, dalam Konvensi Nasional Media Massa di Hotel Sheraton Ballroom, di Surabaya, Jumat (8/2/2019).

Rudi heran kenapa minat pelaku industri di Indonesia masih minim dalam industri media massa. Padahal menurut Rudi, seiring berkembangnya digitalisasi, medium media massa akan beralih dari cetak menuju media siber (online).

“Sehingga peluang untuk bermain di industri media massa terutama media siber akan sangat tinggi,” katanya.

Rudi menilai ada aspek penting dari media massa. Di antaranya konten tidak mengalami perubahan, sekalipun medium sudah berubah.

“Yang terpenting adalah konten yang bergantung pada sumber daya manusia, di mana kuncinya adalah profesionalisme dari jusnalis. Makanya saya selalu pisahkan konten dengan medium dalam industri media massa,” ujarnya.

Konvensi Nasional Media Massa ini merupakan rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2019. Kali ini, HPN mengangkat tema Media Massa di Tengah Terpaan “Winner Take All Market”, yang digelar di Surabaya, Jawa Timur, sejak tanggal 7-9 Februari 2019. (Mal/Lim)

Leave a Comment