Data Utama Madura Sampang

7 SPBU Terapkan Langit Biru, Pertalite Seharga Premium

SAMPANG, beritadata.id – Program Langit Biru merupakan salah satu upaya dalam mengurangi polusi udara yang disebabkan emisi kendaraan bermotor. Rencananya Kabupaten Sampang diberlakukan program langit biru mulai pekan lalu. Sehingga nantinya program terobosan ini bakal memberikan manfaat bagi masyarakat luas, khususnya masyarakat yang kurang mampu.

Program ini diketahui saat kedatangan rombongan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) dan Pertamina, di Aula Mini Pemkab Sampang. Senin (23/11/2020) kemarin. Dikatakan langkah pertama untuk mensosialisasikan program langit biru yang akan mengedukasi masyarakat untuk mengurangi emisi bahan bakar dengan mengubah kebiasaan pengisian bahan bakar premium diganti menggunakan bahan bakar pertalite.

Dalam pertemuan tersebut disepakati bahwa program langit biru di Sampang diberlakukan semenjak 22 November 2020 pekan lalu untuk 7 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Sampang.

Yakni SPBU yang ditunjuk oleh Pertamina dalam sosialisasi program Langit Biru diantaranya SPBU 5469202 Desa Tanggumong Kecamatan Sampang. SPBU 5469203 Desa Omben Kecamatan Omben, SPBU 5469204 Desa Trapang Kecamatan Banyuates. Selain itu SPBU 5469205 Kelurahan Banyuanyar Kecamatan Sampang, SPBU 5469206 Desa Tambaan Camplong, SPBU 5469207 Desa Bancelok Jrengik, SPBU 5469208 Desa Panyepen Jrengik.

Dalam program ini, dalam kurun waktu enam bulan kedepan, harga pertalite secara teratur akan lebih hemat Rp. 1.200 yang dikhususkan bagi pengguna kendaraan roda dua dan angkutan umum.

Dalam kesempatan itu Wabup H. Abdullah Hidayat menyampaikan, terkait Program Langit Biru merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi pencemaran udara, khususnya yang bersumber dari sektor transportasi. “Program ini bagus untuk dijalankan guna memberikan manfaat yang besar bagi lingkungan yang sehat,” ujarnya usai pertemuan dengan Hiswana Migas tersebut.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang dalam hal tersebut menyambut baik Program Langit Biru, karena selaras dengan visi dan misi yang selama ini dia canangkan bersama Bupati H Slamet Junaidi yaitu mewujudkan Sampang hebat bermartabat. “Sosialisasi secara masif akan kita lakukan dalam waktu dekat, hal ini tentu dilakukan dengan tujuan meringankan beban masyarakat khususnya para pengemudi angkutan umum,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk program tersebut diharapkan diiringi dengan memberikan sosialisasi serta edukasi yang sederhana kepada masyarakat agar tidak menimbulkan kesalahpahaman. Sehingga tujuan dari program ini dapat terasa dan mengena bagi masyarakat. (ful)

Leave a Comment