Data Utama Hukum & Kriminal Madura Sumenep

Waspada Penipuan Berkedok Bantuan Mengatasnamakan Bupati Sumenep

Hasil tangkapan layar pesan singkat pelaku penipuan

SUMENEP, beritadata.id – Beredar akun palsu di Media sosial (Medsos) mengatasnamakan Bupati Sumenep Achmad Fauzi, menawarkan bantuan uang kepada masyarakat untuk pembangunan tempat ibadah.

Modusnya tidak jauh berbeda dengan yang sebelum-sebelumnya. Yaitu pelaku menggunakan akun Palsu melalui salah satu aplikasi perpesanan (WhatsApp), mengiming-imingi calon korbannya dengan donasi berupa uang untuk masjid dan panti asuhan.

Dalam bujuk rayunya di pesan WhatsApp itu, pelaku menanyakan kegiatan atau pembangunan apa yang sedang atau akan digarap di masjid atau panti asuhan yang menjadi target, sebelum kemudian menanyakan nomor rekening dan sebagainya.

Setelah ditelusuri, Bupati Sumenep Achmad Fauzi menegaskan dirinya tidak pernah mengirimkan pesan seperti itu. Ia juga menegaskan bahwa, nomor yang dipakai bukan nomor HP miliknya.

“Saya tidak pernah mengirimkan pesan seperti itu. Yang dipakai untuk menghubungi itu juga bukan nomor WA saya,” tegas orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep itu, Sabtu (19/03/22).

Oleh karena, politisi muda PDI Perjuangan ini mengimbau masyarakat, termasuk para pengurus yayasan dan sebagainya, agar tidak langsung percaya jika ada pihak-pihak yang berkirim pesan mengatasnamakan dirinya.

“Karena kejadian seperti ini bukan kali ini saja. Beberapa waktu lalu, nama saya juga ada yang mencatut. Besar kemungkinan sebagai modus untuk menipu,” imbaunya. (Zn)

Leave a Comment