Bangkalan Data Utama Madura Pendidikan

Usai Dikukuhkan, Dewan Pendidikan Bangkalan Punya PR Berat

BANGKALAN, beritadata.id – Dewan Pendidikan Kabupaten Bangkalan baru saja dikukuhkan, Rabu (30/12/2020). Banyak Pekerjaan Rumah (PR) yang harus diselesaikan oleh jajaran Dewan Pendidikan yang baru.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi D DPRD Bangkalan Nur Hasan. Menurutnya, PR terberat yang harus segera diselesaikan oleh Dewan Pendidikan Bangkalan adalah pemerataan Guru berstatus PNS.

“Di Kabupaten Bangkalan saat ini kekurangan Guru PNS sebanyak 2500 orang,” ujarnya disela-sela acara pengukuhan Dewan Pendidikan Bangkalan di Pendopo Agung.

Kata dia 11 orang Dewan Pendidikan yang sudah dikukuhkan harus segera mencari solusi permasalahan diatas.

“Harus segera bekerja untuk memperbaiki sistem pendidikan di Bangkalan,” imbuhnya.

Ia meminta Dewan Pendidikan mempertimbangkan usulan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemkab Bangkalan agar didroping ke sekolah-sekolah untuk mengajar.

“Ini ada usulan agar memanfaatkan para THL yang lumayan banyak untuk mengajar di sekolah yang kekurangan guru,” jelasnya.

Karena kata Nur Hasan para THL tersebut digaji menggunakan APBD Bangkalan. Jadi tidak ada salahnya jika hal itu dilakukan.

“Tentu harus dipertimbangkan juga kemampuan dari THL yang akan diminta mengajar. Kualifikasinya harus dari ilmu pendidikan,” katanya.

Oleh sebab itu Dewan Pendidikan harus segera meminta kepada Bupati Bangkalan dan Dinas Pendidikan untuk mengevaluasi hal tersebut.

“Kalau hal itu bisa segera dilaksanakan maka kekurangan tenaga guru di Bangkalan bisa segera diatasi,” pungkasnya. (Red)

Leave a Comment