Data Utama Jatim Madura Pemerintahan Sumenep

Upacara HUT RI Ke-79, Pesan Wabup Sumenep untuk Orang Tua dan Generasi Muda

SUMENEP, beritadata.id – Prosesi upacara bendera peringatan HUT RI ke-79 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep sukses digelar di halaman kantor Pemkab setempat. Sabtu 17 Agustus 2024.

Inspektur Upacara dipimpin Wakil Bupati Sumenep Nyai Hajah Dewi Khalifah, sementara pembaca teks Proklamasi Kemerdekaan RI dibacakan oleh Ketua DPRD Sumenep Hamid Ali Munir. 

Prosesi pengibaran Sang Saka Merah Putih dilakukan oleh anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang berasal dari perwakilan siswa-siswi terpilih SMA sederajat se-Kabupaten Sumenep. 

Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sukses dan lancar melaksanakan tugas untuk mengibarkan bendera merah putih dengan iringan lagu Indonesia Raya.

Pada kesempatan itu, Wabup Nyai Eva juga menyerahkan remisi umum kepada warga binaan Rutan kelas IIB Sumenep sebanyak 183 narapidana yang dilakukan secara simbolis kepada penerima remisi.

Wabup Sumenep Nyai Eva mengungkapkan, momentum kemerdekaan ini, pihaknya mengajak seluruh masyarakat, khususnya generasi muda, untuk menjauhi narkoba sebagai bagian dari upaya mengisi kemerdekaan dan mendukung pembangunan Kabupaten Sumenep yang lebih maju.

“Peringatan HUT Kemerdekaan RI kali ini harus menjadi momentum untuk meningkatkan semangat generasi muda dalam menciptakan prestasi melalui karya-karya mereka,” ujarnya.

Pihaknya juga menekankan pentingnya mengisi kemerdekaan dengan membangun karakter yang mulia, cerdas, inovatif, dan kreatif agar generasi muda dapat bersaing dengan menghasilkan karya yang positif.

“Generasi muda harus memanfaatkan kemerdekaan untuk melanjutkan pembangunan dengan karya nyata serta menjauhi penyalahgunaan narkoba agar Kabupaten Sumenep bisa lebih maju dan mandiri,” pesannya.

Wabup Dewi Khalifah mengimbau masyarakat untuk aktif mengawasi lingkungan sekitar dalam rangka Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) demi terciptanya Kabupaten Sumenep yang aman dan bebas dari narkoba.

“Orang tua harus mengawasi anak-anak mereka agar terhindar dari pergaulan bebas dan penyalahgunaan narkoba, karena narkoba tidak hanya merusak kesehatan fisik dan mental, tetapi juga menghancurkan masa depan,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment